Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Laptop Lenovo (Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2015/2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Putri Rizqiyah Hikmatin

Hikmatin, Putri Rizqiyah (2018) Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Laptop Lenovo (Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2015/2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Putri Rizqiyah Hikmatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hikmatin, P.R. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Laptop Lenovo (Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2015/2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Handri Dian Wahyudi, S.Pd., S.E., M.Sc. Kata Kunci: kualitas produk, citra merek dan niat beli Teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang sangat pesat. Perkembangan tersebut memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan industri teknologi dan informasi di Indonesia. Perusahaan haruslah lebih kreatif dan inovatif dengan menawarkan sesuatu yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan yang lain. Seiring dengan berkembang pesatnya dunia teknologi membuat orang-orang lebih mencari produk yang berkualitas yaitu laptop. Laptop adalah kebutuhan yang dicari oleh mahasiswa untuk menunjang kemudahan dalam berkerja. Selain untuk media informasi, laptop menjadi media hiburan serta tugas perkuliahan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa khususnya Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, dengan adanya laptop dalam kehidupan sehari-hari mempermudah berkomunikasi dan mencari informasi melalui sosial media atau internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi variabel kualitas produk, variabel citra merek dan variabel niat beli laptop Lenovo, (2) Pengaruh variabel kualitas produk dan variabel citra merek secara parsial terhadap variabel niat beli laptop Lenovo, (3) Pengaruh variabel kualitas produk dan variabel citra merek secara simultan terhadap variabel niat beli laptop Lenovo. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner dan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2015/2016 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang belum menggunakan laptop Lenovo sejumlah 173 Mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling yaitu teknik penentuan sampel secara acak, maka jumlah penentuan sampel diperoleh sebanyak 121 orang. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan 5 opsi jawaban. Data yang diperoleh bersumber dari responden (data primer) dan dokumentasi (data skunder). Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda terdapat uji prasyarat berupa uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa: (1) Variabel Kualitas produk laptop Lenovo dapat diklasifikasikan sangat baik, (2) Variabel citra merek laptop Lenovo dapat diklasifikasikan sangat baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa: (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat pada titik-titik yang menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada grafik normal P-P Plot of Regression Standardized Residual; (2) ii Model regresi tidak terjadi multikolinearitas yang terlihat pada nilai Tolerance > 0,10 atau sama dengan nilai VIF < 10; (3) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas yang terlihat dari titik-titik pada gambar grafik Scatterplot yang menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas produk dan citra merek terhadap niat beli secara parsial, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan citra merek terhadap niat beli secara simultan. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli laptop Lenovo. Nilai dari R square menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek terhadap niat beli konsumen sebesar 57,1%, sedangkan sisanya 42,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti harga dan product type. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan maka saran yang dapat diberikan peneliti: (1) Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kualitas Produk, citra merek dengan niat beli. Kualitas produk yang dibangun oleh perusahaan Lenovo sangat baik sehingga dapat mempengaruhi niat beli calon konsumen untuk memiliki laptop Lenovo. Apabila kualitas produk dari laptop Lenovo sedang naik atau menurun, Mahasiswa prodi S1 Manajemen Angkatan 2015/2016 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tetap ingin merasakan manfaatnya dan mempunyai keinginan untuk membeli produk tersebut, namun lebih baik, citra merek dari sebuah merek itu harus positif karena itu bagian dari gambaran produk yang akan dibeli. Apabila sebuah produk itu memiliki kualitas produk yang baik dan citra yang positif di mata konsumen, bukan tidak mungkin lebih banyak lagi calon pembeli yang mempunyai keinginan untuk membeli laptop merek Lenovo, 2) Menjaga kualitas produk yang baik dimata konsumen salah satunya yaitu dengan cara meningkatkan suhu atau kestabilan baterai saat pemakaian berlangsung dan meningkatkan kualitas laptop Lenovo dari segi RAM agar dapat dipergunakan dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32426

Actions (login required)

View Item View Item