Pengaruh lingkungan kerja terhadap organizational citizenship behavior melalui komitmen karyawan pada PT. Pos Indonesia Kantor Pusat Malang / Rerynda Dita Febytama

Febytama, Rerynda Dita (2018) Pengaruh lingkungan kerja terhadap organizational citizenship behavior melalui komitmen karyawan pada PT. Pos Indonesia Kantor Pusat Malang / Rerynda Dita Febytama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rerynda, D. F. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Melalui Komitmen Karyawan Pada PT. Pos Indonesia Kantor Pusat Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E., M.Si kata kunci: lingkungan kerja, komitmen, organizational citizenship behavior Perilaku organizational citizenship behavior dalam diri karyawan perlu dikelola dengan baik sehingga dapat menciptakan komitmen yang tinggi pada diri karyawan. Faktor yang mempengaruhi komitmen karyawan diantaranya lingkungan kerja. Perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang baik akan mendorong karyawan untuk mencurahkan kemampuan secara maksimal dan sukarela membantu rekan kerja dalam menyelesaikan pekerjaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif di PT Pos Indonesia Kantor Pusat Malang dengan sampel jenuh sebanyak 82 karyawan tetap. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan program SPSS 21 for windows yang meneliti tentang pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap komitmen, pengaruh komitmen terhadap organizational citizenship behavior, pengaruh lingkungan kerja terhadap organizational citizenship behavior dan pengaruh tidak langsung lingkungan terhadap organizational citizenship behavior melalui komitmen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil berikut: (1) Lingkungan kerja berpengaruh secara positif dan langsung terhadap komitmen karyawan PT Pos Indonesia Kantor Pusat Malang; (2) Komitmen berpengaruh secara positif dan langsung terhadap organizational citizenship behavior PT Pos Indonesia Kantor Pusat Malang; (3) Lingkungan kerja berpengaruh secara positif dan langsung, terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT Pos Indonesia Kantor Pusat Malang; (4) Lingkungan kerja secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior dengan komitmen karyawan sebagai variabel intervening. Saran yang diberikan bagi PT. Pos Indonesia Kantor Pusat Malang diharapkan dapat menjaga lingkungan kerja fisik dan meningkatkan lingkungan kerja non fisik yang telah muncul pada karyawan tetap. Terlebih pada hubungan antar karyawan dan karyawan dengan pimpinan. Selain itu juga diharapkan untuk selalu menjaga komitmen karyawan karena untuk saat ini komitmen organisasional yang dimiliki cukup tinggi dan untuk menjaga komitmen tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan membuat kebijakan yang saling menguntungkan antara karyawan dengan perusahaan. Sedangkan untuk menjaga perilaku organizational citizenship behavior dapat dilakukan dengan memberikan suasana yang harmonis, menjaga komunikasi dengan baik dan meningkatkan suasana hati karyawan sehingga karyawan bersedia melakukan pekerjaan lebih dari harapan perusahaan, karena sangatlah penting apabila karyawan sangat loyal maka akan berusaha keras untuk mencapai visi-misi perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32422

Actions (login required)

View Item View Item