Pengaruh keterlibatan kerja dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan PT. Inti Luhur Fuja Abadi Pasuruan / Muhammad Mu'taz

Mu'taz, Muhammad (2018) Pengaruh keterlibatan kerja dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan PT. Inti Luhur Fuja Abadi Pasuruan / Muhammad Mu'taz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK MuÔÇÖtaz, M. 2018. Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Karyawan PT. Inti Luhur Fuja Abadi Pasuruan. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Elfia Nora, S.E., M.Si. Kata Kunci: keterlibatan kerja, kepuasan kerja, organizational citizenship behavior (OCB). Perilaku OCB pada karyawan merupakan salah satu kunci kesuksesan organisasi dalam mencapai tujuan mereka, karena ketika karyawan dalam organisasi memiliki OCB yang tinggi, karyawan dapat mengendalikan perilakunya sendiri dan tahu apa yang seharusnya mereka lakukan untuk kepentingan organisasi. Faktor yang dapat mendorong OCB karyawan adalah keterlibatan kerja dan kepuasan kerja. Karyawan dengan tingkat keterlibatan kerja dan kepuasan kerja yang tinggi akan memberikan kontribusi yang lebih dalam pekerjaanya demi organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan variabel keterlibatan kerja, kepuasan kerja, dan organizational citizenship behavior (OCB) karyawan, (2) Mengetahui pengaruh keterlibatan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan, (3) Mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap di PT. Inti Luhur Fuja Abadi Pasuruan yang berjumlah 55 karyawan yang kemudian ditentukan sampel dengan teknik proportional random sampling dan didapatkan sampel yang berjumlah 48 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner tertutup dan teknik analisis data dengan dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Tingkat keterlibatan kerja, kepuasan kerja, dan organizational citizenship behavior (OCB) karyawan dalam kategori tinggi, (2) Keterlibatan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan, (3) Kepuasan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan. Saran yang diberikan peneliti adalah: (1) Perusahaan harus dapat memberi kebijakan yang lebih tegas kepada karyawan agar dapat membedakan kepentingan pekerjaan dan kepentingan di luar pekerjaan sehingga tidak mengganggu kinerja karyawan itu sendiri, (2) Sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan apakah karyawan telah benar-benar mengerjakan pekerjaannya dan juga harus dapat mengantisipasi ketika terjadi keterlambatan bahan baku, (3) Dibutuhkan komunikasi dua arah agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pihak perusahaan dan karyawan yang dapat mengakibatkan perasaan-perasaan negatif dari karyawan, (4) Bagi penelitian selanjutnya perlu dikaji lebih lanjut mengenai faktor lain misalnya komitmen organisasi,budaya organisasi, gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, masa kerja, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32418

Actions (login required)

View Item View Item