Implementasi strategi komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communications) pada startup olride aplikasi booking bengkel / Dimas Ferdian Bayu Fernando - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi strategi komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communications) pada startup olride aplikasi booking bengkel / Dimas Ferdian Bayu Fernando

Fernando, Dimas Ferdian Bayu (2018) Implementasi strategi komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communications) pada startup olride aplikasi booking bengkel / Dimas Ferdian Bayu Fernando. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Fernando D. F. Bayu. 2018. Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication) Pada Startup Olride Aplikasi Booking Bengkel S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc. Kata Kunci Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah Startup yang berbasis aplikasi yang menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu. Dimana strategi yang diterapakan merupakan kunci dari kesuksesan dari suatu bisnis rintisan. Ada beberapa elemen dari komunikasi pemasaran terpadu yang diantaranya yaitu Advertishing Sales Promotion Event Experiences Public relations Direct marketing Interactive marketing Word-of-mouth marketing dan Personal selling. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Startup Olride aplikasi Booking bengkel. Penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif dimana penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi komunikasi pemasaran terpadu Startup Olride aplikasi Booking bengkel telah berpedoman pada point-point yang harus dilakukan dalam setiap elemen komunikasi pemasran terpadu yang meliputi Advertishing Sales Promotion Event Experiences Public relations Direct marketing Interactive marketing Word-of-mouth marketing dan Personal selling. Implementasi yang dilakukan Startup Olride aplikasi Booking bengkel dapat dikatakan sangat baik hal itu terbukti dengan penerapan pada elemen-elemen komunikasi pemasaran terpadu yang sesuai dengan standar. (2) Terdapat beberapa elemen komunikasi pemasaran terpadu yang kurang maksimal pada Olride aplikasi Booking bengkel yaitu Advertishing. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya dana yang dimiliki oleh Startup tersebut sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai adanya sebuah aplikasi Booking bengkel. Saran bagi Olride aplikasi Booking bengkel yaitu kegiatan Advertishing baik online maupun offline lebih gencar lagi yakni dengan cara mendapat pendanaan perusahaan yang lebih besar seperti dengan berkolaborasi dengan Startup aplikasi lainnya seperti Go-Jek. v ABSTRACT Fernando D. F. Bayu. 2018. Integrated Marketing Communication Strategy Implementation at Olride Startup Repair Shop Booking Application. Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc. Key words Integrated Marketing Communication (IMC) This research came from a startup that focusen on digital application that apply integrated marketing communication (IMC). IMC is a strategy which is applied in this startup company and key of success of a startup. There are some elements of IMC they are Advertising Sales Promotion Event Experiences Public relations Direct marketing Interactive marketing Word-of-mouth marketing dan Personal selling. This research is focusing on how to know about the implementation of IMC that done by Olride Startup repair shop booking application. The research is a qualitative research with descriptive type which qualitative research is a study that deals with understanding the phenomenon of what is undergone by the research subject and describe in the form of words and language specifically with the scientific language and maximizing any kinds of scientific methods. The results of the research show that (1) Integrated marketing communication strategy of Olride Startup Repair Shop Booking Application has been guided by the points that must be done in every integrated communication elements including Advertising Sales Promotion Event Experiences Public relations Direct marketing Interactive marketing Word-of-mouth marketing and Personal selling. Implementation of the Olride Startup Repair Shop Booking application can be categorized as well it is proven by the application on the elements of integrated marketing communications is suitable with the standards. (2) There is an element of integrated marketing communications that is not optimal in Olride apps repair shop booking application that is Advertising. This is due to the lack of funds so that there are still many people who do not know about the existence of a repair shop booking application. Suggestion for Olride repair booking application is the advertising activity both online or offline must be robust more that is by getting funding by the other big companies like to do collaboration with another startup like Go-jek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32405

Actions (login required)

View Item View Item