Peran kepercayaan merek sebagai mediasi pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek kosmetik Viva (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2015-2016 FE UM) / Dwi Kumala

Kumala, Dwi (2018) Peran kepercayaan merek sebagai mediasi pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek kosmetik Viva (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2015-2016 FE UM) / Dwi Kumala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Kumala, Dwi. 2018. Peran Kepercayaan Merek Sebagai Mediasi Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Kosmetik Viva (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2015-2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Handri Dian Wahyudi, S.Pd., S.E., M.Sc. Kata Kunci: citra merek, kepercayaan merek, loyalitas merek, kosmetik Viva Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan di bidang industri kosmetik, karena saat ini produk kosmetik bukan lagi untuk memenuhi keinginan saja, melainkan produk kosmetik adalah sebuah kebutuhan. Perusahaan-perusahaan tersebut berkompetisi untuk mempertahankan konsumen guna mencapai loyalitas konsumen terhadap suatu merek tertentu. Loyalitas terhadap merek merupakan konsep yang sangat penting khususnya pada kondisi tingkat persaingan yang sangat ketat dengan pertumbuhan yang rendah agar perusahaan dapat bertahan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kondisi citra merek, kepercayaan merek, dan loyalitas merek kosmetik Viva, (2) Pengaruh langsung citra merek terhadap kepercayaan merek kosmetik Viva, (3) Pengaruh langsung kepercayaan merek terhadap loyalitas merek, (4) Pengaruh langsung dan tidak langsung citra merek terhadap loyalitas merek melalui kepercayaan merek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2015-2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menjadi konsumen setia kosmetik Viva minimal lebih dari tiga kali pembelian. Sampel dalam penelitian sebanyak 116 responden. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling yaitu proportional random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kondisi citra merek, kepercayaan merek, dan loyalitas merek kosmetik Viva termasuk dalam kategori baik, (2) citra merek berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek, (3) kepercayaan merek berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, (4) citra merek berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, (5) citra merek berpengaruh tidak langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas merek melalui kepercayaan merek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32403

Actions (login required)

View Item View Item