Online trust sebagai variabel mediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap online purchase intention kamera Nikon DSLR (studi pada Komunitas Fotografi Instanusantara Malang) / Achmad Fahrizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Online trust sebagai variabel mediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap online purchase intention kamera Nikon DSLR (studi pada Komunitas Fotografi Instanusantara Malang) / Achmad Fahrizal

Fahrizal, Achmad (2018) Online trust sebagai variabel mediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap online purchase intention kamera Nikon DSLR (studi pada Komunitas Fotografi Instanusantara Malang) / Achmad Fahrizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahrizal Achmad. 2018. Online-Trust sebagai Variabel Media Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Online Purchase Intention Kamera Nikon DSLR (Studi Pada Komunitas Fotografi Instanusantara Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Titis Shinta Dhewi S.P. M.M. Kata Kunci electronic word of mouth online-trust online purchase intention Nikon Perkembangan persaingan bisnis yang sangat pesat di bidang fotografi saat ini menuntut setiap produsen kamera agar dapat mengembangkan teknologi kamera yang dimiliki. Nikon Corp merupakan salah satu produsen kamera DSLR yang besar dan cukup dikenal dikalangan fotografer profesional. Sehingga perushaan harus memiliki nilai lebih terhadap konsumen daripada produsen lain agar dapat bertahan di dalam persaingan. Sebelum melalukan pembelian seringkali konsumen akan mencari informasi mengenai produk yang akan dibeli terutama dalam memilih kamera. Selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli diantaranya terdapat kelompok acuan sebagai pencipta komunikasi dan juga kepercayaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kondisi e-wom e-trust dan online purchase intention menurut persepsi anggota komunitas fotografi instanusantara malang yang berminat membeli kamera Nikon DLSR (2) Pengaruh langsung electronic word of mouth terhadap online-trust serta (3) Pengaruh langsung dan tidak langsung electronic word of mouth terhadap online purchase intention melalui online-trust. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas fotografi instanusantara malang yang berminat untuk membeli kamera Nikon DSLR sebanyak 76 responden. Metode penentuan sampel menggunakan teknik sampling dari list/daftar populasi. Jenis skala pengukuran dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Analisis data yang digunaka yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur. Temuan penelitian ini adalah (1) Persepsi responden terhadap electronic word of mouth untuk kamera Nikon DSLR sudah efektif dan online-trust terjadi secara efektif serta dapat menjadi pertimbangan saat minat beli mucul (2) Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap online-trust (3) Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan secara langsung dan tidak langsung terhadap online purchase intention melalui e-trust. Berdasarkan penelitian ini Nikon Corporation diharapkan (1) Meningkatkan jaringan komunitas yang lebih baik lagi. (2) Meningkatkan intensitas promosi melalui media online. (3) melakukan kerjasama dengan komunitas fotografi atau pihak yang memiliki pengaruh terhadap fotografi agar dapat meningkatkan kepercayaan terhadap kamera Nikon DSLR

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32399

Actions (login required)

View Item View Item