Hamam, Alwi (2010) Faktor-faktor motivasi mahasiswa baru dalam memilih jurusan administrasi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Alwi Hamam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hamam Alwi. 2009. Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa Baru dalam Memilih Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang . Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M. Pd (II) Dr H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si Kata kunci motivasi mahasiswa memilih jurusan. Setiap individu mempunyai latar belakang yang berbeda-beda sehingga faktor-faktor mahasiswa dalam memilih jurusan berbeda pula. Seorang calon mahasiswa akan memilih suatu jurusan tertentu dengan harapan bahwa jurusan yang ditempuhnya nanti akan dapat menunjang proses pendidikannya di kemudian hari dan mendapatkan pekerjaan yang baik. Mahasiswa harus mengambil keputusan dalam memilih jurusan yang diinginkan dan diharapkan dengan mempertimbangkan hal-hal yang penting untuk masa depannya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) apa faktor-faktor yang memotivasi mahasiswa baru untuk masuk Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (2) bagaimana mahasiswa baru dalam persiapan ujian masuk di Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang (3) bagaimana pandangan mahasiswa baru terhadap peran serta orang tua dalam menghadapi persiapan masuk di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (4)kendala apa saja yang dihadapi dalam menghadapi persiapan masuk di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Tujuan dari penelitian ini meliputi (1) untuk mengetahui faktor yang memotivasi mahasiswa untuk masuk Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (2) mengetahui yang dilakukan mahasiswa dalam persiapan ujian masuk Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (3) mengetahui apa peran serta orang tua mahasiswa dalam menghadapi persiapan masuk Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (4) mengetahui kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menghadapi persiapan masuk Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian maka skripsi ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data wawancara dan studi dokumentasi. Dilanjutkan dengan menganalisis data pengecekan analisis data dan menyimpulkan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang memotivasi mahasiswa baru masuk jurusan Administrasi Pendidikan adalah (1) karena mahasiswa baru menyenangi bidang pengadministrasian (2) mahasiswa baru tidak diterima di pilihan pertama (3) mahasiswa baru ingin bekerja di kantor atau lembaga pendidikan (4) keinginan untuk menjadi guru (5) karena cita-cita (6) keinginan untuk jadi karyawan TU (7) keinginan untuk mempelajari ilmu Administrasi (8) keinginan untuk menjadi seorang pemimpin (9) saran dari guru (10) dorongan dari orang tua (11) berdasarkan peluang yang banyak (12) karena gradenya rendah. Persiapan yang dilakukan mahasiswa baru dalam menghadapi persiapan ujian masuk di jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang adalah dengan belajar. Peran serta orang tua mahasiswa dalam menghadapi persiapan masuk di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang adalah memberikan dukungan baik material maupun spriritual yaitu dengan mendoakan dan juga memberikan motivasi. Kendala yang dihadapi dalam menghadapi persiapan masuk di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang adalah banyaknya saingan yang dihadapi dan kesulitan dalam mengerjakan soal. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada fakultas ilmu pendidikan agar selalu berusaha memperbaiki dan menyempurnakan sistem penerimaan mahasiswa baru. Diharapkan bagi jurusan Administrasi Pendidikan lebih meningkatkan kualitas dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki mahasiswa dan diharapkan bagi peneliti yang lain untuk mengembangkan penelitian ini dengan metode yang lain sehingga dapat menambah dan mengembangkan kajian ilmiah yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |