Pengaruh citra merek terhadap loyalitas pengguna Converse (studi kasus pada Komunitas Converse Head Indonesia Region Surabaya, Malang & Kediri) / Ricka Nurtamia Kosasih

Kosasih, Ricka Nurtamia (2018) Pengaruh citra merek terhadap loyalitas pengguna Converse (studi kasus pada Komunitas Converse Head Indonesia Region Surabaya, Malang & Kediri) / Ricka Nurtamia Kosasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kosasih, R. N. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Pengguna Converse (Studi Kasus Komunitas Converse Head Indonesia). Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbning: Dr. Aniek Indrawati, S.Si, M.M Kata kunci: citra merek, loyalitas Saat ini tingkat perkonomian sangat luas dikarenakan adanya era globalisasi, perusahaan asli Indonesia maupun asing berusaha memberi yang terbaik untuk kualitas produknya agar banyak digunakan oleh masyarakat luas. Untuk memperkenalkan produk suatu perusahaan membutuhkan pemasaran. Pemasaran yang diperlukan menciptakan citra merek yang baik di mata para konsumen sehingga dapat mempengaruhi konsumen kemudian menjadikan loyal kepada barang atau jasa tersebut. Citra merek itu sendiri terdiri dari kunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskriptif citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunggulan asosiasi merek dan loyalitas pengguna Converse; (2) Pengaruh citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek terhadap loyalitas pengguna Converse. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian diskriptif dan explanatory kemudian teknik analisis yang digunakan yaitu statistik diskriptif dan analisis regresi linear berganda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek (X1), Kekuatan asosiasi merek (X2), dan keunikan asosiasi merek (X3) sedangkan variabel independennya loyalitas pengguna (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah komunitas Converse Head Indonesia region Surabaya, Malang dan Kediri 100 konsumen dan jumlah sampel ini sebesar 80 konsumen. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Skala pengukurannya adalah skala Likert dengan 5 opsi. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek dapat diklasifikasikan sangat baik sedangkan loyalitas pengguna produk Converse dapat diklasifikasikan loyal. Berdasarkan hasil hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan pada kekuatan asosiasi merek sedangkan keunikan dan keunggulan asosiasi merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pengguna Converse kemudian hasil hipotesis yang menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek terhadapa loyalitas pengguna Converse. Hasil dari Adjusted R square sebesar 0,344 maka 34,4% perubahan variabel loyalitas dipengaruhi oleh citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunggulan asosiasi merek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32389

Actions (login required)

View Item View Item