Pengaruh citra merek terhadap minat beli ulang konsumen melalui kepercayaan merek pada produk sepeda motor all new Yamaha V-ixion (studi pada komunitas "YVC-I" Yamaha V-ixion Club Indonesia di Malang) / M. Ridwan Bangun Gumelar

Gumelar, M. Ridwan Bangun (2018) Pengaruh citra merek terhadap minat beli ulang konsumen melalui kepercayaan merek pada produk sepeda motor all new Yamaha V-ixion (studi pada komunitas "YVC-I" Yamaha V-ixion Club Indonesia di Malang) / M. Ridwan Bangun Gumelar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gumelar M. R. B. 2018. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Melalui Kepercayaan Merek Pada Produk Sepeda Motor All New Yamaha V-ixion (Studi Pada Komunitas YVC-I Yamaha V-ixion Club Indonesia di Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr Djoko Dwi Kusumanjanto M.Si. Kata kunci citra merek minat beli ulang kepercayaan merek. Merek merupakan suatu elemen yang mencerminkan keseluruhan dari suatu produk dan jasa. Merek memiliki pengaruh psikologis dalam menentukan minat beli ulang konsumen. Hal ini disebabkan oleh citra (image) yang muncul dalam benak konsumen sehingga pada akhirnya mempengaruhi kepercayaan konsumen dalam membeli produk tersebut. Ini menunjukkan bahwa citra merek mempengaruhi minat beli ulang konsumen melalui kepercayaan merek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) deskripsi citra merek kepercayaan merek dan minat beli ulang pada produk all new Yamaha V-ixion (2) pengaruh citra merek terhadap kepercayaan merek (3) pengaruh citra merek terhadap minat beli ulang konsumen (4) pengaruh kepercayaan merek terhadap minat beli ulang konsumen (5) pengaruh citra merek terhadap minat beli ulang yang di mediasi oleh kepercayaan merek. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel probability sampling dengan simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 110 orang responden yang diambil dari populasi anggota komunitas YVC-I Yamaha V-ixion Club Indonesia sebanyak 150 orang dengan terlebih dahulu diolah menggunakan rumus Slovin. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif dan eksplanatori dengan menggunakan metode analisis jalur. Kuesioner yang digunakan merupakan jenis kuesioner terbuka dan tertutup dimana kuesioner tertutup menggunakan rating scale dengan 4 skala pilihan jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial dengan analisis jalur. Proses pengolahan data menggunakan program SPSS 15 Hasil pengujian hipotesis pertama terbukti bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek pada produk all new Yamaha V-ixion. Hasil pengujian hipotesis kedua terbukti bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang pada produk all new Yamaha Vixion semakin baik dan kuat citra merek dalam benak konsumen tentu akan semakin meningkatkan keinginan konsumen untuk melakukan minat pembelian ulang produk all new Yamaha V-ixion. Hasil pengujian hipotesis ketiga ditemukan bahwa kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang pada produk all new Yamaha V-ixion. Hasil pengujian hipotesis keempat ditemukan bahwa citra merek berpengaruh tidak langsung terhadap minat beli ulang melalui kepercayaan merek pada produk all new Yamaha V-ixion. 1 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) deskripsi citra merek kepercayaan merek dan minat beli ulang para produk all new Yamaha V-ixion terbilang cukup baik (2) terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara citra merek terhadap kepercayaan merek (3) terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara citra merek terhadap minat beli ulang (4) terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara kepercayaan merek terhadap minat beli ulang (5) terdapat pengaruh secara tidak langsung antara citra merek terhadap minat beli ulang melalui kepercayaan merek. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) kepada perusahaan Yamaha diharapkan lebih memperhatikan kebutuhan konsumen agar tercipta kepercayaan dari konsumen dan menimbulkan minat beli ulang (2) kepada konsumen diharapkan mampu mengelola dan menjadi pembeli yang cerdas dengan mempertimbangkan setiap aspek yang dibeli (3) kepada peneliti selanjutnya diharapkan mampu memodifikasi dan mengembangkan dari model peneliti ini guna memperluas ilmu pengetahuan yang ada. Seperti halnya menambahkan 3 variabel bebas citra merek kualitas merek dan harga serta menggunakan skala pengukuran dengan 5 opsi jawaban. 2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32383

Actions (login required)

View Item View Item