Pengaruh persepsi dukungan organisasional (perceived organizational support) dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan tata usaha dan keuangan pabrik gula Kebon Agung Malang melalui komitmen organisasional sebagai variabel intervening / Krisna Febriantoro

Febriantoro, Krisna (2018) Pengaruh persepsi dukungan organisasional (perceived organizational support) dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan tata usaha dan keuangan pabrik gula Kebon Agung Malang melalui komitmen organisasional sebagai variabel intervening / Krisna Febriantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriantoro, Krisna. 2018. Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasional (Perceived Organizational Support) dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Tata Usaha dan Keuangan Pabrik Gula Kebon Agung Malang Melalui Komitmen Organisasional. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lohana Juariyah, S.E., M.Si Kata Kunci : Persepsi Dukungan Organisasional, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Kinerja Sumber Daya Manusia merupakan salah satu sumber daya yang sangat penting bagi berdirinya suatu perusahaan. Oleh karena itu, kemampuan mengelola kinerja sumber daya manusia secara tepat sangat menentukan kemampuan untuk mencapai keberhasilan dalam meraih tujuan serta membentuk kemampuan untuk menghadapi ancaman terhadap perusahaan baik yang sifatnya internal maupun eksternal. Faktor penting yang harus dimiliki oleh karyawan untuk membentuk kinerja karyawan yang tinggi di antaranya adalah persepsi dukungan organisasional, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kondisi persepsi dukungan organisasional, kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kinerja karyawan. (2) Pengaruh secara langsung persepsi dukungan organisasional terhadap kinerja karyawan. (3) Pengaruh secara langsung persepsi dukungan organisasional terhadap komitmen organisasi. (4) Pengaruh secara langsung komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan. (5) Pengaruh secara langsung kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. (6) Pengaruh secara langsung kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional. (7) Pengaruh secara tidak langsung persepsi dukungan organisasional terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasional. (8) Pengaruh secara tidak langsung kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi adalah karyawan Tata Usaha dan Keuangan Pabrik Gula Kebon Agung Malang yang berstatus sebagai karyawan tetap dengan jumlah sampel sebanyak 68 responden dari 68 karyawan. Metode dalam pengambilan sampel adalah dengan metode total sampling dan teknik pengujian instrumen menggunakan validitas dan uji realibilitas. Penelitian ini menggunakan beberapa model uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskidastisitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa : (1) Deskripsi persepsi dukungan organisasional, kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kinerja karyawan dimaknai baik. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi dukungan organisasional terhadap kinerja karyawan. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi dukungan organisasional terhadap komitmen organisasi. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja ii terhadap kinerja karyawan. (6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional. (7) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung persepsi dukungan organisasional terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasional. (8) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasional. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan : (1) Perusahaan perlu mempertahankan kepedulian terhadap kesejahteraan karyawan dan juga perlu meningkatkan kesiapsediaan perusahaan apabila karyawan membutuhkan pertolongan khusus. Selain itu, perusahaan perlu tetap menjaga kondisi kerja perusahaan supaya tetap nyaman serta perlu meningkatkan kesempatan karyawan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di dalam kelompok kerja. Saran yang selanjutnya yaitu, perusahaan perlu menjaga karyawan untuk tetap senang berkarir dalam perusahaan baik dengan meningkatkan dukungan organisasi maupun kepuasan karyawan dan juga perlu memperhatikan pandangan karyawan bahwa seseorang mudah untuk berpindah perusahaan baik dengan memperhatikan opini dan nilai dari karyawan. Selain itu, perusahaan perlu menjaga dan mengola karyawan supaya tetap dapat bekerjasama dengan baik dengan rekan kerjanya dan juga perlu meningkatkan ketelitian karyawannya dalam menjalankan pekerjaan baik dengan meningkatkan pengawasan atau memberikan punishment atau hukuman kepada karyawan. (2) Penelitian selanjutnya mengenai pengaruh variabel perceived organizational support, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan peneliti menyarankan sebaiknya model analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan model analisis jalur (path analysis) daripada mengggunakan model analisis regresi linier berganda. (3) Model penelitian ini perlu diujicobakan pada subyek penelitian yang berbeda pada pekerjaan yang banyak pekerjanya adalah generasi milenial yang ditemukan cenderung sering berpindah-pindah pekerjaan atau diduga memiliki komitmen kerja yang rendah atau pada pekerjaan yang memang memiliki tingkat turnover tinggi seperti karyawan hotel, karyawan perbankan, karyawan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32382

Actions (login required)

View Item View Item