Analisis reaksi pasar pada peristiwa pengumuman dividen tunai / Anastasia Gaby Pradani Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis reaksi pasar pada peristiwa pengumuman dividen tunai / Anastasia Gaby Pradani Putri

Putri, Anastasia Gaby Pradani (2018) Analisis reaksi pasar pada peristiwa pengumuman dividen tunai / Anastasia Gaby Pradani Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Pradani Putri Anastasia Gaby. 2018. Analisis Reaksi Pasar Pada Peristiwa Pengumuman Dividen Tunai. Skripi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ely Siswanto S.Sos. M.M. Kata Kunci Abnormal Return Trading Volume Activity Pengumuman Dividen Tunai Pasar modal sebagai salah satu alternatif investasi dan pendanaan tidak bisa terlepas dari berbagai faktor yang dapat memengaruhinya. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi pasar modal adalah berbagai informasi yang ada baik informasi privat maupun informasi yang dipublikasikan. Peristiwa pengumuman dividen tunai merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kondisi abnormal return dan trading volume activity pada periode sebelum dan sesudah peristiwa (2) apakah terdapat perbedaan abnormal return dan trading volume activity pada periode sebelum dan sesudah peristiwa dan (3) apakah terdapat perbedaan abnormal return dan trading volume activity pada periode estimasi dan jendela. Penelitian ini merupakan penelitian event study yang melihat apakah peristiwa pengumuman dividen tunai merupakan peristiwa yang mengandung informasi atau peristiwa yang tidak mengandung informasi. Populasi dari penelitian ini adalah peristiwa pengumuman dividen tunai final yang terjadi pada periode tahun 2012-2015. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu 277 peristiwa pengumuman dividen tunai yang kemudian dikelompokkan menjadi 183 pengumuman dividen meningkat dan 94 pengumuman dividen menurun. Uji statistik terhadap abnormal return dan trading volume activity menggunakan wilcoxon signed rank test karena data berdistribusi tidak normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return dan trading volume activity periode sebelum dan sesudah pengumuman dividen tunai baik pada pengumuman dividen tunai meningkat maupun dividen tunai menurun. Pada periode estimasi dan periode jendela juga tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return dan trading volume activity. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa peristiwa pengumuman dividen tunai merupakan peristiwa yang tidak mengandung infomasi bagi pasar modal Indonesia. Hal ini disebabkan karena pengumuman dividen tidak memiliki nilai ekonomis dan kurang memberikan pengaruh bagi pasar modal Indonesia. Dengan demikian pasar modal Indonesia belum merupakan pasar yang efisien dilihat dari efisiensi pasar secara informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32381

Actions (login required)

View Item View Item