Estanty, Indah Tri (2010) Manajemen peningkatan profesionalisme guru: Studi kasus di SDN Percobaan I Malang / Indah Tri Estanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru merupakan pelaksana lapangan yang keberadaannya sangat menentukan keberhasilan program pendidikan di sekolah. Keberadaan guru profesional akan memberikan dukungan maksimal terhadap semua komponen sekolah misalnya materi media sarana dan prasarana ataupun dana pendidikan. Agar menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas profesionalisme guru sangat diperlukan oleh karena itu upaya-upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru yang dilaksanakan secara maksimal tentunya harus melalui pengelolaan yang sistematis dalam arti harus melalui perencanaan yang matang pelaksanaan yang taat asas dan dievaluasi secara objektif. Oleh karena itu peran manajemen dalam peningkatan profesionalisme guru perlu dilaksanakan dengan sebaik mungkin sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Fokus penelitian secara umum adalah bagaimana manajemen peningkatan profesionalisme guru di SDN Percobaan I Malang. Fokus rinci dan tujuan penelitian memaparkan tentang (1) bagaimanakah perencanaan yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru di SDN Percobaan I Malang (2) bagaimanakah pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru di SDN Percobaan I Malang (3) bagaimanakah evaluasi peningkatan profesionalisme guru di SDN Percobaan I Malang (4) apa sajakah faktor penunjang upaya peningkatan profesionalisme guru di SDN Percobaan I Malang (5) apa sajakah faktor penghambat upaya peningkatan profesionalisme guru di SDN Percobaan I Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Jalan Magelang No.4 Malang. Peneliti berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian kepala sekolah wakil kepala sekolah bendahara sekolah bendahara komite sekolah serta guru-guru SDN Percobaan I Malang baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun Guru Tidak Tetap (GTT). Data diperoleh melalui wawancara observasi serta dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan direduksi apabila tidak relevan dengan fokus penelitian dianalisis guna menyusun dan mengabstraksikan serta menyimpulkan temuan lapangan. Keabsahan data diuji dengan (1) memperpanjang kehadiran peneliti di lapangan (2) triangulasi sumber dan metode (3) member check (4) berusaha menyajikan hasil penelitian secara lengkap dan rinci (5) pengumpulan data dengan tidak mengandalkan kepada pihak lain dan (6) pemeriksaan oleh auditor (audit trail). Hasil penelitian ini meliputi (1) perencanaan peningkatan profesionalisme guru yang terdiri dari (a) pengadaan tenaga guru yang kompeten dan berkualitas ii (b) mengidentifikasi masalah guru (c) menganalisis masalah yang sudah teridentifikasi (d) menentukan alternatif pemecahan kepala sekolah membentuk forum kepanitiaan. Kegiatan-kegiatan yang dijadikan sebagai alternatif pemecahan masalah tertuang pada program kerja sekolah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Orangtua siswa sebagai penyandang dana dilibatkan untuk menjaga keterbukaan dan transparansi. (2) pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru di SDN Percobaan I Malang dilakukan dengan menggunakan teknik supervisi individual yang meliputi kunjungan kelas percakapan pribadi dan mengikutsertakan guru-guru untuk mengikuti program sertifikasi serta menggunakan teknik supervisi kelompok yang meliputi kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) mini rapat guru gugus sekolah pelatihan komputer dan Teknologi Informasi (TI) serta pelatihan Bahasa Inggris. (3) evaluasi peningkatan profesionalisme guru SDN Percobaan I Malang dilaksanakan oleh (a) kepala sekolah dengan mengawasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas memberikan self evaluation cheklist menilai guru mencocokkan hasil penilaian dari guru dengan penilaian dan hasil pengamatan kepala sekolah selama ini (b) orangtua pada akhir semester diundang sekolah untuk memberikan masukan sekaligus mengevaluasi kinerja guru dan program sekolah (c) hasil evaluasi kegiatan dilaksanakan sesuai perencanaan guru mampu menerapkan pembelajaran menarik dan menjalin kekeluargaan kebersamaan dan keterbukaan dalam kehidupan sehari-hari serta kepala sekolah berperan sebagai motivator bagi guru (d) setelah mengetahui hasil penentuan tindak lanjut didiskusikan oleh kepala sekolah guru dan orangtua siswa. (4) faktor yangmenjadi penunjang berasal dari (a) guru yang sudah memiliki dedikasi tinggi (b) sarana dan prasarana sekolah yang memadai (c) peran orangtua siswa (d) kepemimpinaan kepala sekolah. Faktor penunjang diberdayakan dengan menjaga hubungan harmonis dengan seluruh stakeholders sekolah. (5) faktor yang menjadi penghambat berasal dari (a) perbedaan kebutuhan dan permasalahan guru (b) sebagian guru cepat merasa puas dengan keadaan yang dimiliki (c) nara sumber tidak kompeten dalam menyampaikan materi pada pelaksanaan seminar. lokakarya atau semiloka (d) keterbatasan waktu dalam mengajar (e) biaya pendidikan bagi guru. Hambatan diatasi dengan mengambil tema yang menjadi kebutuhan mayoritas guru membicarakan program dengan sebaik mungkin memberikan motivasi dan pendekatan persuasi bagi guru serta menambah jam pelajaran dan latihan soal. Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat disarankan bagi (1) Kepala SDN Percobaan I Malang untuk mengefektifkan gugus sekolah secara optimal serta mengembangkan teknik supervisi bagi guru SDN Percobaan I Malang (2) guru SDN Percobaan I Malang untuk tetap mengembangkan dan meningkatkan potensi yang dimiliki tidak merasa cepat puas dengan keadaan yang dimiliki saat ini serta turut mengembangkan teknik supervisi di SDN Percobaan I Malang (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang agar menginformasikan hasil penelitian ini kepada mahasiswa sehingga dapat menginspirasi mahasiswa untuk meneliti hal yang berkaitan dengan profesionalisme guru dengan lebih baik (4) peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan misalnya peningkatan profesionalisme pendidik dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia unggul atau pelaksanaan supervisi pendidikan sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |