Pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening (studi pada perusahaan sektor property & real estate yang listing di BEI tahun 2013-2016) / Ilham Yanuar Nur Hartanto.

Hartanto, Ilham Yanuar Nur (2018) Pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening (studi pada perusahaan sektor property & real estate yang listing di BEI tahun 2013-2016) / Ilham Yanuar Nur Hartanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Hartanto, Ilham Yanuar Nur. 2018. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan yang Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Property and Real estate yang Listing di BEI tahun 2014- 2016). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Trisetia Wijijayanti, S.E., M.BA Kata Kunci: Nilai perusahaan, Struktur modal, Profitabilitas Tujuan perusahaan adalah untuk memaksimumkan kesejahteraan pemilik saham. Kesejahteraan pemilik atau pemegang saham dapat meningkat dengan meningkatnya nilai perusahaan. Salah satu indikator meningkatnya nilai perusahaan dapat dilihat dari struktur modal perusahaan di pasar modal. Struktur modal perusahaan dapat dilihat dengan melakukan analisis Debt to Equity Ratio (DER). Selain itu tingkat hutang yang digunakan oleh perusahaan juga menjadi penilaian tersendiri bagi investor mengenai kesehatan keuangan perusahaan. Menurut teori Modigliani dan Miller (MM) menyimpulan bahwa penggunaan hutang tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja saham, akan tetapi dapat meningkatkan laba dengan mengurangi pajak. Teori Trade-Off menjelaskan bahwa semakin besar perusahaan menggunakan dana pihak eksternal, maka semakin besar kemungkinan perusahaan untuk mengalami kesulitan keuangan karena laba bersih perusahaan sifatnya belum pasti, dimana harus digunakan untuk membayar bunga. Selain itu, terdapat pula teori Signaling yang menyatakan bahwa penggunaan hutang perusahaan dapat memberikan sinyal yang positif terhadap investor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara DER terhadap PBV dan juga DER terhadap PBV melalui ROA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan path analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan perusahaan property and real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2003-2016. Sampel akhir penelitian berjumlah 35 perusahaan Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh secara tidak langsung antara struktur modal terhadap nilai perusahaan, namun pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan secara tidak langsung melalui profitabilitas memiliki nilai yang lebih besar. Jadi dalam penelitian ini profitabilitas mampu memediasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32375

Actions (login required)

View Item View Item