Urgensi modal sosial dalam pengelolaan modal kerja pada kesenian karawitan dan pedhalangan Sanggar Anggara Laras / Icha Ayu Fardhiani

Fardhiani, Icha Ayu (2018) Urgensi modal sosial dalam pengelolaan modal kerja pada kesenian karawitan dan pedhalangan Sanggar Anggara Laras / Icha Ayu Fardhiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Fardhiani, Icha Ayu. 2018. Urgensi Modal Sosial dalam Pengelolaan Modal Kerja Pada Kesenian Karawitan dan Pedhalangan Sanggar Anggara Laras. Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Subagyo. S.E., S.H., M.M Kata Kunci: modal sosial, pengelolaan modal kerja, sanggar pedhalangan dan karawitan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana urgensi modal sosial dalam pengelolaan modal kerja berfokus pada modal kerja dan aspek modal sosial pada sanggar kesenian. Sanggar Anggara Laras merupakan salah satu kesenian yang bergerak di bidang karawitan dan pedhalangn yang terletak di Jl. Jeruk gg.3, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur. Peneliti tertarik melakukan penelitian pada usaha non profit bisnis ini karena menarik yaitu kesenian karawitan yang dikelola oleh sekelompok anak muda yang memiliki keahlian dan kreatifitas dalam seni yang diberikan kepercayaan oleh masyarakat sekitar melali FML(Forum Musyawarah Lingkungan) untuk mengelola sanggar, dan sanggar Anggara Laras adalah suatu usaha non profit bisnis yang sukses walaupun pembukuan keuangan belum terperinci. Peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif studi kasus. Data yang diperoleh secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber (pengecekan keabsahan data dengan membandingkan data yang diperoleh dari berbagai sumber). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal sosial membawa dampak yang baik untuk pengelolaan modal kerja. Pengelolaan modal kerja membahas mengenai makna modal kerja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sumber-sumber modal kerja terdiri dari modal sendiri dan dana dari masyarakat. Kemudian pengelolaan modal kerja yaitu untuk perencanaan, pelaksanaan kegiatan operasional seperti untuk membayar listrik, merawat alat-alat karawitan dan pembayaran upah anggota dan pengawasan. Aspek serta kontribusi modal sosial dalam pengelolaan modal kerja meliputi kepercayaan, kerja sama, tanggung jawab dan rasa saling membutuhkan dalam pengelolaan keuangan. Pola tingkah laku juga berdampak pada kondisi dalam sanggar serta basis pertemanan mejadikan sanggar cepat berkembang dengan pesat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32372

Actions (login required)

View Item View Item