Pengaruh viral marketing dengan menggunakan media sosial instagram terhadap purchase decision (studi pada konsumen Butik Ghealsyshoes Malang) / Fibri Endi Ulfa Dira Kumala

Kumala, Fibri Endi Ulfa Dira (2018) Pengaruh viral marketing dengan menggunakan media sosial instagram terhadap purchase decision (studi pada konsumen Butik Ghealsyshoes Malang) / Fibri Endi Ulfa Dira Kumala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kumala, Fibri Endi Ulfa Dira. 2018. Pengaruh Viral Marketing dengan Menggunakan Media Sosial Instagram terhadap Purchase Decision (Studi pada Konsumen Butik Ghealsyshoes Malang). Skripsi, Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Hermawan, M.Si, GradDipMgt., M Bus. Kata Kunci: Viral Marketing, Instagram, Purchase Decision Dalam menghadapi tingkat persaingan yang tinggi antar onlineshop, Butik Ghealsyshoes Malang menggunakan strategi viral marketing menggunakan media sosial instagram untuk mempromosikan produknya dan menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Berdasarkan penjelasan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang viral marketing yang mempengaruhi purchase decision pada konsumen Butik Ghealsyshoes Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi viral marketing dengan menggunakan media sosial instagram dan purchase decision; (2) Pengaruh viral marketing dengan menggunakan media sosial instagram terhadap purchase decision. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan eksplanatoris dimana penelitian yang mendeskripsikan terhadap masalah-masalah berupa fakta saat ini dari suatu populasi dan bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel sebanyak 114 orang sebagai responden. Skala pengukuran menggunakan skala likert dengan lima pilihan jawaban. Pengujian kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Kuesioner digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Viral marketing dengan menggunakan media sosial instagram sangat baik untuk mempengaruhi purchase decision konsumen; (2) Viral marketing dengan menggunakan media sosial instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Butik Ghealsyshoes Malang perlu meningkatkan viral marketing dengan pemberian informasi melalui video yang diunggah diberanda Instagram Ghealsyshoesid, dan memberikan brand Ghealsyshoes pada setiap postingannya; (2) Butik Ghealsyshoes perlu meningkatkan citra merek yang baik pada konsumen (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan jumlah variabel dengan mempertimbangkan beberapa faktor agar lebih bervariasi dan dapat mengembangkan metode penelitian yang digunakan agar hasil dan isi penelitian dapat memberikan wawasan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32369

Actions (login required)

View Item View Item