Analisis pengaruh informasi laba dan arus kas aktivitas operasi terhadap initial return (studi pada perusahaan IPO dan listing di Bursa Efek Indonesia periode 2000-2016) / Inacha Gin Aziza

Aziza, Inacha Gin (2018) Analisis pengaruh informasi laba dan arus kas aktivitas operasi terhadap initial return (studi pada perusahaan IPO dan listing di Bursa Efek Indonesia periode 2000-2016) / Inacha Gin Aziza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Aziza, Inacha Gin. 2018. Analisis Pengaruh Informasi laba dan Arus Kas Aktivitas Operasi terhadap Initial Return. Studi pada Perusahaan IPO yang Listing di BEI Periode 2000-2016. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Soesetio, S.E., M.M Kata Kunci : Initial Public Offering, initial return, arus kas aktivitas operasi, Operating income, EBIT, EAT Initial Return merupakan transfer kemakmuran dari emiten kepada investor akibat dari fenomena Underpricing yang sering terjadi pada perusahaan saat Initial Public Offering (IPO) diberbagai negara di dunia. Underpricing terjadi saat harga penawaran perdana lebih rendah dibandingkan harga penutupan di pasar sekunder. Berdasarkan Rock (1986) dan Baron (1982), asimetri informasi dalam perusahaan IPO menjadi penyebab terjadinya initial return. Prospektus diterbitkan oleh emiten sebagai sinyal dalam meminimalisis asimetri informasi. Analisis fundamental menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan seorang investor guna meramalkan kinerja keuangan perusahaan di masa mendatang. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh dari variabel bebas yakni arus kas aktivitas operasi, operating income, earning before interest and tax, dan earning after tax terhadap variabel terikat yakni initial return. Studi pada perusahaan yang melakukan IPO dan listing di BEI periode 2000-2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dan variabel terikat dan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari masing-masing variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh secara langsung dari prospektus perusahaan IPO dan listing di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering dan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2000-2016. Penentuan sample menggunakan teknik purpossive sampling, sehingga diperoleh 189 perusahaan. Teknik analasis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan alat analisis EVIEWS versi 8.0. Hasil penelitian mengindikasi bahwa: (1) tidak adanya pengaruh yang signifikan di antara arus kas aktivitas operasi dengan terjadinya initial return. (2) tidak adanya pengaruh yang signifikan di antara operating income dengan terjadinya initial return, (3) tidak adanya pengaruh yang signifikan di antara earning before interest and tax dengan terjadinya initial return, (4) tidak adanya pengaruh yang signifikan di antara earning after tax dengan terjadinya initial return. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi perusahaan untuk menunjukkan informasi keuangan yang digunakan dalam menentukan harga penawaran perdana bagi investor sehingga dapat membantu investor dalam memutuskan investasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32366

Actions (login required)

View Item View Item