Pengaruh discount dan hedonic shopping motives terhadap impulse buying (studi pada konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang) / Ahmad Rifqy Fathurrahman

Fathurrahman, Ahmad Rifqy (2018) Pengaruh discount dan hedonic shopping motives terhadap impulse buying (studi pada konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang) / Ahmad Rifqy Fathurrahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fathurrahman, A., R. 2018. Pengaruh Discount dan Hedonic Shopping Motives terhadap Impulse Buying (Studi pada Konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M. Kata Kunci: discount, hedonic shopping motives, impulse buying Perilaku impulse buying konsumen menjadi hal yang menarik bagi perusahaan ritel modern karena pangsa pasar terbesar berasal dari sana. Pemasar yang peka dapat memanfaatkan karakteristik dan kondisi yang ada sebagai soulusi untuk menerapkan strategi untuk mencapai kesuksesan dalam meningkatkan omzet penjualan perusahaan. Discount merupakan salah satu jenis promosi yang dapat memicu perilaku impulse buying konsumen. Selain untuk berbelanja, gerai ritel modern yang berlokasi di pusat perbelanjaan merupakan sarana untuk memuaskan hedonic shopping motives yang didasari oleh emosi dari konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui (1) kondisi discount, hedonic shopping motives, dan impulse buying dari konsumen Giant Mall Olympic Garden Malang (2) pengaruh discount secara langsung terhadap impulse buying (3) pengaruh hedonic shopping motives secara langsung terhadap impulse buying (4) variabel discount atau hedonic shopping motives yang dominan mempengaruhi impulse buying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang diperoleh merupakan hasil dari penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang yang melakukan impulse buying, populasi penelitian ini merupakan infinite population, sampel yang diambil dengan teknik sampling purposive sejumlah 128 responden. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 opsi jawaban yaitu sangat setuju, setuju, cukup setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Jenis data pada penelitian ini adalah data ordinal yang diubah menjadi data interval melalui MSI (Method Successive Interval). Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial. Sebelum dilakukan analisis regresi berganda, dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikoliniearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Deskripsi discount, hedonic shopping motives, dan impulse buying konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang dimaknai cukup baik (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara discount terhadap impulse buying (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hedonic shopping motives terhadap impulse buying (4) variabel dominan yang mempengaruhi impulse buying adalah hedonic shopping motives. Saran yang dapat diberikan sehubungan dengan temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) lebih menerapkan discount dengan jumlah pembelian tertentu (2) konsumen disarankan untuk tidak terlalu tergoda dengan discount (3) untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti variabel impulse buying dan variabel lain yang mempengaruhi impulse buying konsumen seperti bonus pack dan in store display.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32363

Actions (login required)

View Item View Item