Setyoningtyas, Evi (2010) Hubungan aktivitas supervisi pendidikan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru di SMP Negeri se-kecamatan Srengat Kabupaten Blitar / Evi Setyoningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setyoningtyas Evi. 2009. Hubungan Aktivitas Supervisi Pendidikan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Maisyaroh M.Pd (II) Sunarni S.Pd M.Pd. Kata kunci supervisi pendidikan kepuasan kerja Pendidikan adalah usaha untuk membentuk manusia yang mampu bertanggung jawab pada dirinya serta membentuk pribadi manusia seutuhnya yang diselenggarakan di sekolah di rumah dan di masyarakat. Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan yang telah direncanakan banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pencapaian tujuan tersebut. Faktor yang mempengaruhi tersebut antara lain aktivitas supervisi pendidikan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru. Pada dasarnya supervisi merupakan bantuan dari para pemimpin sekolah yang tertuju kepada perkembangan kemampuan guru-guru dan personil sekolah lainnya di dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Dengan demikian semua kekurangan hambatan maupun kesulitan yang dihadapi oleh guru dapat diatasi dan diperbaiki yang akan berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah tingkat aktivitas supervisi pendidikan kepala sekolah di SMP Negeri Se-Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar (2) bagaimanakah tingkat kepuasan kerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar (3) apakah ada hubungan tingkat aktivitas supervisi pendidikan kepala sekolah dan tingkat kepuasan kerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat aktivitas supervisi pendidikan kepala sekolah SMP Negeri Se-Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan tingkat kepuasan kerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar (3) mengetahui hubungan aktivitas supervisi pendidikan kepala sekolah dan tingkat kepuasan kerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Se-Kecamatan Srengat Kabupaten Blitaryang berjumlah 165 orang guru dan penelitian ini mengambil sampel 25% dari populasi sehingga yang menjadi sampel penelitian sebanyak 42 orang guru dari total jumlah guru. Adapun data penelitian dikumpulkan dengan teknik angket kemudian teknik penentuan sampel menggunakan teknik stratified proporsional random sampling kemudian dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk tingkat aktivitas supervisi pendidikan kepala sekolah termasuk pada kategori tinggi dan kepuasan kerja guru berada pada tingkat cukup. Hasil analisis product moment pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan aktivitas supervisi pendidikan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru. Berdasarkan hasil penelitian disarankan meningkatkan kemampuannya dalam menguasai teknik evaluasi hasil belajar mengajar dan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan ketentuan yang ada. Aktivitas supervisi kepala sekolah dan peran serta guru juga perlu ditingkatkan dalam aktivitas supervisi pendidikan sehingga mutu pendidikan menjadi lebih baik. Kepuasan kerja guru lebih ditingkatkan agar guru lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3236 |
Actions (login required)
View Item |