Analisis reaksi pasar modal Indonesia atas peristiwa pemilihan presiden Amerika Serikat ke-45 / Ichwan Rizky Nor Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis reaksi pasar modal Indonesia atas peristiwa pemilihan presiden Amerika Serikat ke-45 / Ichwan Rizky Nor Arifin

Arifin, Ichwan Rizky Nor (2018) Analisis reaksi pasar modal Indonesia atas peristiwa pemilihan presiden Amerika Serikat ke-45 / Ichwan Rizky Nor Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Arifin Ichwan Rizky Nor. 2018. Analisis Reaksi Pasar Modal Indonesia atas Peristiwa Pemilihan Presiden Amerika Serikat Ke-45. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negari Malang. Pembimbing Trisetia Wijijayanti S.E. M.BA. Kata Kunci pemilihan presiden Amerika Serikat reaksi pasar modal abnormal return trading volume activity. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelasakan reaksi pasar modal Indonesia terhadap peristiwa pengumuman hasil Pemilihan Presiden Amerika Serikat ke-45 pada 9 November 2016. Penelitian ini menggunakan metode studi peristiwa (event study) yang akan digunakan untuk menganalisis perubahan abnormal return dan trading volume activity pada periode sekitar peristiwa pengumuman hasil Pemilihan Presiden Amerika Serikat ke-45. Sample dalam penelitian ini adalah emiten yang tergabung dalam Sub Sektor Properti Real Estate Sub Sektor Restoran Hotel Pariwisata serta Sub Sektor Tekstil Garment pada Bursa Efek Indonesia yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar modal Indonesia bereaksi terhadap peristiwa pengumuman hasil pemilihan presiden Amerika Serikat ke-45 yang ditandai dengan terdapatnya pergerakan abnormal return dengan kecenderungan negatif di sekitar periode peristiwa. Hasil uji beda secara statistik yang dilakukan dengan menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan abnormal retun dan trading volume activity pada periode sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman hasil pemilihan presiden Amerika Serikat ke-45. Temuan yang serupa terdapat pada uji beda pada periode estimasi dan periode peristiwa dimana tidak terdapat perbedaan antara abnormal retun pada periode estimasi dan periode peristiwa pengumuman hasil pemilihan presiden Amerika Serikat ke-45. Uji beda trading volume activity yang dilakukan pada periode estimasi dan periode peristiwa menunjukkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan trading volume activity periode estimasi dan periode peristiwa pada Sub Sektor Properti Real Estate dan Sub Sektor Tekstil Garment. Sedangkan pada uji beda yang dilakukan dengan wilcoxon signed test pada Sub Sektor Restoran Hotel Pariwisata menunjukkan terdapatnya perbedaan yang signifikan antara trading volume activity pada periode estimasi dan periode peristiwa. Kondisi ini menunjukkan bahwa mayoritas investor pasar modal Indonesia masih melakukan aksi wait and see pada periode pengamatan sebagai wujud langkah kehati-hatian investor dalam berinvestasi dengan menghindari resiko.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32357

Actions (login required)

View Item View Item