Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan (studi pada komunitas mobil merek Toyota di Kota Bogor) / Aaf Fikri Imaraka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan (studi pada komunitas mobil merek Toyota di Kota Bogor) / Aaf Fikri Imaraka

Imaraka, Aaf Fikri (2018) Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan (studi pada komunitas mobil merek Toyota di Kota Bogor) / Aaf Fikri Imaraka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Imaraka A. F. 2018. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Komunitas Mobil Merek Toyota di Kota Bogor). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Titis Shinta Dhewi S.P. M.M. Keywords Experiential Marketing Sense Feel Think Act Relate dan Loyalitas Pelanggan. Persaingan dalam bidang otomotif terutama kendaraan roda empat di Indonesia yang cukup ketat memaksa produsen benar-benar harus bisa memahami apa yang diinginkan oleh konsumen. Hal tersebut menjadikan experiential marketing menjadi senjata utama dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Toyota merupakan salah satu perusahaan otomotif yang sudah lama memproduksi dan memasarkan mobil mereka di Indonesia. Oleh karena itu sisi emosional produk harus dikembangkan melalui upaya-upaya pemasaran. Pengalaman emosional dapat diciptakan dengan menciptakan merek yang memberikan pengalaman yang tak terlupakan kepada pelanggannya dengan dukungan dari program pemasaran yang baik. Toyota merupakan salah satu produk mobil yang menggunakan pendekatan experiential marketing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Deskripsi experiential marketing yang terdiri dari variabel Sense Feel Think Act dan Relate terhadap loyalitas pelanggan pada komunitas mobil merek Toyota di Kota Bogor (2) Besarnya pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan secara simultan dan parsial (3) mengetahui variabel experiential marketing yang lebih dominan terhadap loyalitas pelanggan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 109 responden yang merupakan anggota komunitas mobil merek Toyota di Kota Bogor. Adapun teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Teknik analisis data digunakan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 24. Hasil penelitian diketahui (1) experiential marketing dan loyalitas pelanggan pada anggota komunitas mobil merek Toyota di Kota Bogor dimaknai sudah baik (2) Experiential marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (3) secara simultan Experiential Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan (4) variabel bebas yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan adalah variabel Feel. Saran peneliti bagi perusahaan adalah sebaiknya (1) selalu mensupport komunitas mobil merek toyota supaya bisa terus berkembang menjadi komunitas yang besar dan bisa dikenal oleh masyarakat. (2) membuat event bulanan/tahunan untuk memperkuat tali silaturahmi antar anggota komunitas mobil merek toyota. (3) membuat promosi yang lebih menarik dan meningkatkan intensitas promosi melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32355

Actions (login required)

View Item View Item