Pengaruh atmosfer kafe dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada Warunk Gacoan Tulungagung) / Nabila Chikita Venda Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atmosfer kafe dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada Warunk Gacoan Tulungagung) / Nabila Chikita Venda Wardani

Wardani, Nabila Chikita Venda (2018) Pengaruh atmosfer kafe dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada Warunk Gacoan Tulungagung) / Nabila Chikita Venda Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Wardani Nabila Chikita Venda. 2018. Pengaruh Atmosfer Kafe dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Warunk Gacoan Tulungagung). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.I Wayan Jaman Adi Putra M.Si. Kata Kunci atmosfer kafe kualitas pelayanan loyalitas pelanggan. Dalam menjalankan sebuah usaha semua pelaku bisnis membutuhkan strategi bisnis untuk mengembangkan perusahaannya agar dapat bersaing dan bertahan dalam dunia bisnis yang semakin pesat inistrategi bisnis merupakan sebuah strategi yang mana berisi tentang serangkaian cara yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan atau pelaku bisnis untuk dapat mencapai tujuan bisnisnya. Strategi bisnis memiliki banyak tujuan untuk dicapai yang mana salah satunya membuat pelanggan menjadi pelanggan tetap atau pelanggan loyal. Salah satunya meningkatkan kualitas pelayanan agar tetap tercipta pelanggan yang loyal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan explanatory research dengan menggunankan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Atmosfer Kafe (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) dengan variabel terikat adalah Loyalitas Pelanggan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Warunk Gacoan Tulungagung yang melakukan pembelian lebih dari tiga kali dan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin sehingga terdapat 72 responden dinyatakan ssebagai sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan 5 opsi jawaban yaitu Sangat Setuju Setuju Cukup Setuju Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju. Jenis skala dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden langsung dan data sekunder berasal darijurnal jurnalpenelitian terdahulu buku-buku literature dan informasi yang relevan dengan tema penelitian yang diambil oleh peneliti. Uji kelayakan instrumen yang dilaksanakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan distribusi frekuensi dan analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Atmosfer Kafe dapat diklasifikasikan baik (2) Kualitas Pelayanan diklasifikasikan baik (3) Loyalitas Pelanggan diklasifikasikan baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi dalam penelitian ini memenuhi asumsi normalitas terlihat pada titik titik yang menyebar di sekitar garis dan mengikuti pola garis diagonal pada grafik P P Plot of Regression Standardized Residual (2) Model regresi dalam ii penelitian ini tidak terjadi multikolinearitas yang terlihat pada nilai Tolerance 8804 0 10 dan nilai VIF 61619 10 (3) Model regresi dalam penelitian ini tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik scatterplot yang menunjukkan titik-titik menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y serta tidak membentuk suatu pola tertentu. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Atmosfer kafe berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (2) Kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (3) Variabel yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan adalah variabel kualitas pelayanan. Berdasarkan nilai R Square yang diperoleh sebesar 44 6% yang berarti bahwa 44 6% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh atmosfer toko dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya sebesar 55 4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32349

Actions (login required)

View Item View Item