Manajemen Piutang pada Tepung Bumbu Kota Batu (Studi pada UD. Asia Timur Perkasa Kota Batu) / Alim Syahbana MuÔÇÖiz S Desky

Desky, Alim Syahbana MuÔÇÖiz S. (2018) Manajemen Piutang pada Tepung Bumbu Kota Batu (Studi pada UD. Asia Timur Perkasa Kota Batu) / Alim Syahbana MuÔÇÖiz S Desky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Desky, Alim, Syahbana MuÔÇÖiz S. 2018. Manajemen Piutang pada Tepung Bumbu Kota Batu (Studi pada UD. Asia Timur Perkasa Kota Batu). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. F. Danardana Murwani, M.M. Kata Kunci: Manajemen Piutang, Piutang, UMKM, Keterlambatan Pembayaran, Reseller UD. Asia Timur Perkasa memiliki permasalahan keuangan yaitu keterlambatan pembayaran oleh reseller produk tepung bumbu dan supplier tidak mengirim kemiri meskipun UD. Asia Timur Perkasa telah membayar uang dimuka untuk pembelian kemiri sehingga berdampak terganggunya perputaran modal dan kegiatan operasional usaha pada UD. Asia Timur Perkasa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna piutang, analisa kredit, kebijakan kredit, upaya penagihan piutang, evaluasi dan tindakan dalam mengatasi permasalahan yang terkait dengan piutang bagi UD. Asia Timur Perkasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi terus terang, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data ini dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi pada tahap terakhir. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, diantaranya triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil pada penelitian ini adalah piutang adalah cara terbaik untuk mempromosikan produk tepung bumbu dan mempelancar pengiriman kemiri. Analisa kredit yang dilakukan adalah untuk menilai karakteristik, kemampuan, modal dan jaminannya. Kebijakan kredit yang diberlakukan yaitu standar kredit dengan uang muka pembayaran 0%, deadline pembayaran hingga 2 minggu dan pemberian harga pabrik sebagai keuntungan reseller. Selain itu juga adanya faktor simpatik, faktor percaya, faktor hubungan baik dengan pelanggan dan faktor untuk meningkatkan penjualan produk dari UD. Asia Timur Perkasa terhadap reseller mereka. Upaya penagihan piutang yang dilakukan adalah dengan melalui telepon dan kunjungan fisik ke rumah reseller dan supplier. Untuk evaluasi dan tindakan yang dilakukan adalah memberhentikan reseller (penjualan kembali) yang terlambat pembayarannya dan produksi kemiri, sehingga hanya mempertahankan produksi tepung bumbu dengan reseller yang ada. Merubah standar kredit menjadi uang muka pembayaran sebesar 50% dan menjual beberapa mesin di produksi kemiri. Saran yang diberikan adalah penerapan surat perjanjian penjualan produk secara kredit dengan adanya jaminan jika transaksi mencapai 10 juta sebagai jaminan untuk menutupi kerugian jika terjadi permasalahan kedepannya. Diberikan shock therapy (terapi kejutan) berupa penuntutan sehingga akan memotivasi re-seller untuk berperilaku baik dan jujur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32346

Actions (login required)

View Item View Item