Analisis kinerja saham sebelum dan sesudah pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tahun 2017 (studi pada saham bidang properti yang listing di BEI) / Andra Dwi Permana

Permana, Andra Dwi (2018) Analisis kinerja saham sebelum dan sesudah pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tahun 2017 (studi pada saham bidang properti yang listing di BEI) / Andra Dwi Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Permana, Andra Dwi. 2018. Analisis Kinerja Saham Sebelum dan Sesudah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 (Studi Pada Saham Bidang Properti yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Lulu Nurul Istanti, S.E., M.M., Ak. Kata Kunci : Abnormal return, Trading volume activity, Event Study, Pemilihan Gubernur Pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta merupakan peristiwa yang menjadi perhatiaan berbagai pihak termasuk para investor. Peristiwa pemilihan gubernur ini dapat mempengaruhi kondisi pergerakan pasar modal Indonesia jika peristiwa tersebut mengandung suatu informasi dan akan terlihat pada naik turunnya harga saham. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui kondisi abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah pemilihan putaran pertama dan kedua, (2) Menguji perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah pemilihan putaran pertama dan kedua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode event study. Periode penelitian yang digunakan selama 10 hari (5 hari sebelum dan 5 hari sesudah) dengan sampel sebanyak 10 perusahaan bidang properti yang listing di BEI. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return dan trading volume activity selama periode penelitian baik pada putaran pertama maupun putaran kedua. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peristiwa pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tahun 2017 bukan merupakan peristiwa yang mengandung informasi bagi pasar modal Indonesia. Saran bagi para investor yaitu lebih melakukan analisis baik teknikal maupun fundamental dan tidak hanya menggunakan satu data informasi saja sehingga dapat memutuskan suatu keputusan investasi dengan baik dan benar. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan data peristiwa 100 hari kerja dari gubernur dan wakil gubernur. Dapat juga menambahkan variabel lain seperti CAR serta bisa menggunakan sampel dari berbagai bidang industri agar dapat melihat perbedaan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32344

Actions (login required)

View Item View Item