Strategi pemasaran Perusahaan Jasa Wisata The Bagong Adventure Museum Tubuh Kota batu perspektif analisis SWOT / Hafizh Dzakwan

Dzakwan, Hafizh (2018) Strategi pemasaran Perusahaan Jasa Wisata The Bagong Adventure Museum Tubuh Kota batu perspektif analisis SWOT / Hafizh Dzakwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dzakwan Hafizh. 2018. Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa Wisata The Bagong Adventure Museum Tubuh Kota Batu Perspektif Analisis SWOT. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata Kunci strategi pemasaran jasa wisata bauran pemasaran analisis SWOT. Jatim Park Group (JTP) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri jasa wisata terbesar di Jawa Timur yang berlokasi di Kota Batu. JTP sudah memiliki setidaknya 8 perusahaan yang bergerak di bidang industri jasa wisata salah satunya Museum Tubuh yang tepat berada di sebelah dengan Jawa Timur Park 1. Perkembangan usaha di sektor pariwisata menuntut agar perusahaan memikirkan pentingnya perencaan terkait strategi pemasaran bagi kelangsungan hidup perushaaan. Oleh karena itu tim pemasaran harus melakukan strategi pemasaran yang tepat bagi kehidupan perusahaan dengan menggunakan kesempatan atau peluang yang ada dalam pemasaran. The Bagong Adventure Museum Tubuh termasuk perusahaan jasa wisata yang baru berdiri dan memiliki banyak pesaing yang telah memiliki banyak pangsa pasar. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui (1) Mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan serta kelemahan perusahaan jasa wisata The Bagong Adventure Museum Tubuh. (2) Mengidentifikasi faktor eksternal yang menjadi kekuatan serta kelemahan perusahaan (3) Menganalisis strategi pemasaran dan menentukan prioritas strategi yang tepat bagi perusahaan. Berdasarkan permasalahan di atas maka metode dan jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan turun langsung ke lapangan melakukan pengamatan. Metode analisis kualitatif digunakan untuk menggambarkan proses kegiatan usaha dan penentuan alternatif strategi perusahaan. Sedangkan metode analisis kuantitatif digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal serta penentuan prioritas strategi perusahaan. Hasil analisis alternatif strategi yang dihasilkan dengan menggunakan analisis QSPM yaitu (1) pemberian insentif kepada pelanggan khususnya sekolah-sekolah yang sudah pernah mengunjungi museum tubuh berupa diskon. (2) Memberikan entertain kepada pengunjung yang sedang mengantri. (3) Meningkatkan kegiatan promosi mengenai konsep wisata berupa edukasi kesehatan serta museum tubuh pertama di Indonesia. (4) Meningkatkan pelayanan serta memanfaatkan fasilitas pendukung secara maksimal. Saran yang diajukan pada perusahaan yaitu perlu ditinjau ulang dan diperhatikan secara detail rutin serta menyeluruh dalam mengevaluasi hasil kinerja terutama divisi marketing. Guna mempertahankan pelanggan kedepannya The Bagong Adventure Museum Tubuh perlu adanya penelitian selanjutnya secara rutin agar strategi pemasaran yang dilakukan dapat meningkatkan penjualan dan pelayanan jasa serta terciptanya hubungan yang baik dengan pelanggan secara berkelanjutan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32343

Actions (login required)

View Item View Item