Pengaruh stres kerja terhadap kinerja melalui kepuasan kerja karyawan (studi pada karyawan Bagian Tata Usaha dan Keuangan Pabrik Gula Kebong Agung Malang) / Fitria Ningsih

Ningsih, Fitria (2018) Pengaruh stres kerja terhadap kinerja melalui kepuasan kerja karyawan (studi pada karyawan Bagian Tata Usaha dan Keuangan Pabrik Gula Kebong Agung Malang) / Fitria Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ningsih, Fitria. 2018. Pengaruh Stres kerja terhadap Kinerja melalui Kepuasan Kerja Karyawan Studi pada Karyawan Bagian Tata Usaha dan Keuangan Pabrik Gula Kebon Agung Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.Sopiah, M.Pd, M.M Kata Kunci: Stres kerja, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja Stres kerja merupakan masalah yang dialami oleh karyawan dalam perusahaan. Terjadinya stres ditempat kerja hampir tidak bisa dihindari dalam berbagai jenis pekerjaan jika tekanan kerja mulai terjadi hal ini dapat menyebabkan hambatan proses berfikir lebih emosional dan gangguan pada kondisi fisik dan dapat menyebabkan kinerja karyawan yang rendah juga dapat mempengaruhi kepuasan kerja yang dirasakan karyawan Pabrik Gula Kebon Agung Malang rendah . Berdasarkan data yang telah diperoleh pada tahun 2015 dan 2016 kinerja karyawan termasuk dalam kategori rendah. Diduga karyawan mengalami stres kerja yang tinggi dan kepuasan kerja karyawan yang rendah sehingga mempengaruhi pada penurunan kinerja karyawan . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kondisi stres kerja, kinerja karyawan dan kepuasan kerja karyawan bagian tata usaha dan keuangan Pabrik Gula Kebon Agung Malang, (2) pengaruh langsung antara stres kerja terhadap kepuasan kerja, (3) pengaruh langsung antara kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (4) pengaruh langsung antara stres kerja terhadap kinerja karyawan, (5) pengaruh tidak langsung antara stres kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam penelitian explanatory research. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan bagian Tata Usaha dan Keuangan Pabrik Gula Kebon Agung Malang sejumlah 116 karyawan. menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden. Pengolahan data penelitian menggunakan program SPPS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi stres kerja Pabrik Gula Kebon Agung Malang tergolong kategori tinggi, kepuasan kerja tergolong kategori kurang puas dan kinerja karyawan tergolong kategori cukup, (2) stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (3) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan,(4) stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (5) stres kerja secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian, berkaitan dengan stres kerja bagian Tata Usaha dan Keuangan Pabrik Gula Kebon Agung Malang disarankan sebaiknya untuk lebih memperhatikan terhadap tingkat stres dengan cara caranya pihak perusahaan melakukan fleksibiltas jam kerja atau karyawan diberikan target waktu untuk mengerjakan pekerjaan mereka mungkin sangat baik untuk dilakukan agar karyawan lebih efesien dan termotivasi dan dapat mengurangi bolos kerja terhadap karyawan dan sebaiknya perusahaan melakukan atau menerapkan aturan jika jam istirahat diwajibkan bagi karyawan untuk istirahat sehingga tidak ii memaksakan karyawan disaat jam istirahat masih tetap bekerja, memberikan pendidikan dan pelatihan kepada karyawan setiap satu tahun sekali yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan karyawan agar karyawan mendapatkan nilai moral dari diadakannya pendidikan dan pelatihan, karena nilai moral yang diperoleh pekerja dalam bekerja akan menjadi sumber kepuasan bagi karyawan, melakukan evaluasi dan memberikan arahan kepada karyawan tentang pentingnya kerja sama dan menegur atau memberikan sanksi bagi karyawan yang tidak tepat waktu datang dalam bekerja agar tingkat kedisiplinan karyawan tinggi. Sehingga nantinya karyawan dalam bekerja akan lebih baik lagi yang akan mengakibatkan pada peningkatan kinerja karyawan, dan keadilan ditempat kerja sebaiknya lebih diperhatikan lagi agar dapat meningkatkan kepuasan kerja yang dapat berimbas pada kinerja karyawan yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32340

Actions (login required)

View Item View Item