Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) dan suku bunga kredit terhadap Return On Assets (ROA) pada bank umum konvensional yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2016 / Riska Mardiana

Mardiana, Riska (2018) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) dan suku bunga kredit terhadap Return On Assets (ROA) pada bank umum konvensional yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2016 / Riska Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mardiana, Riska. 2018. Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) Dan Suku Bunga Kredit Terhadap Return On Assets (ROA) Pada Bank Umum Konvensional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2016. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Fadia Zen, S.E., M.M. Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), suku bunga kredit, profitabilitas (ROA) Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang mempunyai kegiatan menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lain. Tujuan dari usaha perbankan yaitu untuk memperoleh keuntungan. Tingkat kemampuan bank dalam mendapatkan keuntungan salah satunya diukur dengan Return on Assets (ROA). Untuk mencapai ROA yang diharapkan, bank dituntut untuk karena setiap kegiatan usaha bank yang melibatkan penggunaan asset atau berorientasi keuntungan selalu dihadapkan pada berbagai risiko yang harus dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan pengaruh ROA, CAR, NPL dan Suku Bunga Kredit Bank Umum Konvensional yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2016. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel dengan metode purposive sampling dan analisis regresi linier berganda. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap teknik sampel dengan metode purposive sampling dan Analisis regresi linier berganda. Pada analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi sebagai persyaratan statistik yang harus dipenuhi, kemudian melakukan persamaan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ROA selama tahun 2013-2016 mengalami penurunan, CAR selama tahun 2013-2016 mengalami kenaikkan, NPL selama tahun 2013-2016 mengalami kenaikkan dan Suku Bunga Kredit selama tahun 2013-2016 mengalami penurunan. Kemudian berdasarkan persamaan analisis regresi linier berganda ROA = 8,651 + 0,036 CAR ÔÇô 0,793 NPL - 0,485 Suku Bunga Kredit dapat diketahui bahwa CAR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA bank umum konvensional yang listing di BEI tahun 2013-2016, NPL berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA bank umum konvensional yang listing di BEI tahun 2013-2016, Suku Bunga Kredit berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA bank umum konvensional yang listing di BEI tahun 2013-2016. Bagi perbankan diharapkan mampu untuk menjaga keseimbangan CAR, NPL dan Suku Bunga Kredit agar tetap terjaga. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat meneliti dengan variabel-variabel lain dan dapat memperpanjang periode amatan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32337

Actions (login required)

View Item View Item