Analisis faktor-faktor yang menentukan pembelian smartphone Oppo (studi pada mahasiswa S1 Manajemen fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Devi Maghfiroh

Maghfiroh, Devi (2018) Analisis faktor-faktor yang menentukan pembelian smartphone Oppo (studi pada mahasiswa S1 Manajemen fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Devi Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maghfiroh, D. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Menentukan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi. Pembimbing: Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si. Kata Kunci: Analisis Faktor, Keputusan Pembelian. Saat ini penggunaan smartphone di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan lembaga riset digital marketing e-marketer memperkirakan pada tahun 2018 jumlah aktif pengguna smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Dengan jumlah sebesar itu Indonesia menjadi negara pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah China, India, dan Amerika. Di Indonesia sendiri terdapat lima vendor smartphone terbesar pada kuartal pertama 2018 yaitu, Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Smartfren. Sedangkan Oppo menempati peringkat kedua kategori smartphone terlaris di Indonesia dari China. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi faktor-faktor yang menentukan konsumen dalam membeli smartphone Oppo (2) faktor-faktor yang menentukan konsumen dalam membeli smartphone Oppo (3) faktor dominan yang menentukan pembelian smartphone Oppo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dan descriptive research. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas negeri Malang yang memakai dan membeli smartphone Oppo. Populasi dalam penelitian ini tergolong infinite population. Sampel dalam penelitian ini sebesar 138 sampel dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis faktor konfirmatori. Hasil analisis menggunakan SPSS versi 22.0 menunjukkan bahwa faktor harga, fitur produk, nama merek, dan layanan purna jual menunjukkan hasil yang baik, sedangkan faktor pengaruh sosial menunjukkan hasil cukup baik. Faktor harga, fitur produk, nama merek, pengaruh sosial, dan layanan purna jual masing-masing menjadi faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli smartphone Oppo. Faktor dominan yang menentukan pembelian smartphone Oppo yaitu faktor layanan purna jual. Berdasarkan hasil analisis dan temuan dalam penelitian ini, penulis menyarankan agar manajemen perusahaan Oppo lebih memperhatikan faktor layanan purna jual sebagai faktor dominan yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli smartphone Oppo dengan cara memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Serta tetap menjaga kepercayaan konsumen yang telah membeli smartphone Oppo dengan memberikan produk yang berkualitas dan memiliki fitur-fitur yang canggih serta harga yang terjangkau. Selain itu hasil dari penelitian ini bisa dijadikan masukan untuk menentukan strategi pemasaran kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32336

Actions (login required)

View Item View Item