Pengaruh keputusan investasi dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang lsiting di BEI periode 2012-2016 / Arsyica Windi Maulina

Maulina, Arsyica Windi (2018) Pengaruh keputusan investasi dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang lsiting di BEI periode 2012-2016 / Arsyica Windi Maulina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Maulina, Arsyica W. 2018. Pengaruh Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Listing di BEI Periode 2012 ÔÇô 2016. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si. Kata kunci: Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan Nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan utama perusahaan. Perusahaan akan berusaha untuk meningkatkan nilai perusahaan agar dapat memberikan kesejahteraan bagi perusahaan dan investor. Nilai perusahaan dipengaruhi oleh keputusan investasi dan kebijakan dividen. Oleh karena itu investor perlu mengetahui keputusan investasi dan kebijakan dividen suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh variabel keputusan investasi dan kebijakan dividen terhadap nilai suatu perusahaan makanan dan minuman periode 2012-2016 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 7 perusahaan yang secara konsisten membagikan dividen dari tahun 2012-2016. Pengujian menggunakan teknik analisis linier berganda dengan alat bantu SPSS versi 16 dengan keputusan investasi menggunakan Price Earning Ratio (PER) dan kebijakan dividen menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR). Hasil penilitian menunjukkan bahwa: 1) Kondisi Nilai Perusahaan Makanan dan Minuman memiliki tren meningkat setiap tahunnya, kondisi Keputusan Investasi rata-rata nilai PER selama 5 tahun cenderung meningkat dan selalu meningkat tiap tahunnya, kondisi Kebijakan Dividen berfluktuasi dan DPR mengalami trend yang menurun. 2) keputusan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. 3) kebijakan dividen tidak berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dalam penelitian ini, maka peneliti memberikan beberapa saran sebagai berikut. 1) Bagi Perusahaan, guna membentuk nilai perusahaan yang positif perusahaan perlu mengevaluasi kembali terhadap kebijakan dividen, agar investor dapat melakukan keputusan investasi dimana keduanya mempunyai pengaruh dalam pembentukan nilai perusahaan. Perusahaan juga dapat mempertimbangkan keputusan investasi dengan memperhatikan nilai perusahaan yang dituju. 2) Bagi Investor, penulis memberikan saran kepada investor agar sebelum menentukan investasi dapat mempertimbangkan faktor nilai perusahaan, karena tinggi rendahnya nilai perusahaan dipengaruhi juga oleh keputusan investasi serta kebijakan dividen. Sehingga investor dapat mendapatkan hasil investasi yang optimal. 3) Bagi Peneliti Selanjutnya, bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memodifikasi dan mengembangkan dari model penelitian ini guna memperluas pengetahuan yang ada. Selain itu peneti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan sampel penelitian agar hasil dari penelitian tersebut mampu merepresentasikan dari populasi yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32330

Actions (login required)

View Item View Item