Penjaminan mutu proses pembelajaran di rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMA Negeri 3 Malang) / Lucan Wahyu Hariman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penjaminan mutu proses pembelajaran di rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMA Negeri 3 Malang) / Lucan Wahyu Hariman

Hariman, Lucan Wahyu (2010) Penjaminan mutu proses pembelajaran di rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMA Negeri 3 Malang) / Lucan Wahyu Hariman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hariman Lucan Wahyu. 2009. Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Mustiningsih M.Pd (2) Sunarni S.Pd M.Pd Kata kunci rintisan sekolah bertaraf internasional proses pembelajaran penjaminan mutu Penjaminan mutu proses pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi minat kreativitas inisiatif inspirasi kemandirian dan semangat belajar yang terdiri dari indikator kinerja kunci minimal dan indikator kinerja kunci tambahan. Indikator kinerja kunci minimal terdiri atas penjaminan mutu perencanaan proses pembelajaran penjaminan mutu pelaksanaan proses pembelajaran penjaminan mutu penilaian proses dan hasil pembelajaran dan penjaminan mutu pengawasan proses pembelajaran. Penjaminan mutu proses pembelajaran ini dilakukan untuk kelas MIPA/hard science (Matematika Fisika Kimia dan Biologi). Semua indikator tersebut baik indikator kinerja kunci minimal maupun indikator kinerja kunci tambahan merupakan suatu hal yang harus ada pada SBI. Ketercapaian indikator kinerja kunci minimal maupun tambahan akan semakin menunjukkan adanya upaya penjaminan mutu proses pembelajaran. Berdasarkan fakta tersebut maka dilakukan penelitian untuk mengetahui penjaminan mutu proses pembelajaran di RSBI SMA Negeri 3 Malang dengan fokus penelitian yaitu bagaimanakah (1) penjaminan mutu perencanaan proses pembelajaran (2) penjaminan mutu pelaksanaan proses pembelajaran (3) penjaminan mutu penilaian proses dan hasil pembelajaran (4) penjaminan mutu pengawasan proses pembelajaran dan (5) pencapaian indikator kinerja kunci tambahan Adapun tujuan penelitian penjaminan mutu proses pembelajaran di RSBI SMA Negeri 3 Malang yaitu tentang (1) penjaminan mutu perencanaan proses pembelajaran (2) penjaminan mutu pelaksanaan proses pembelajaran (3) penjaminan mutu penilaian proses dan hasil pembelajaran (4) penjaminan mutu pengawasan proses pembelajaran dan (5) pencapaian indikator kinerja kunci tambahan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Malang menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti sendiri yang berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah Ketua UPM guru dan siswa SMA Negeri 3 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi dan (3) dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis selama pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Pada saat pengumpulan data peneliti melakukan pengerjaan dan pengorganisasian data dan setelah pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah mengklasifikasi data menyaring data dan menarik kesimpulan. Kredibilitas data dicek dengan menggunakan teknik triangulasi dengan sumber dan triangulasi dengan metode. Hasil penelitian di RSBI SMA Negeri 3 Malang menunjukkan penjaminan mutu perencanaan proses pembelajaran dilakukan dengan penyusunan program tahunan program semester silabus dan RPP. Sementara itu untuk penjaminan mutu pelaksanaan proses pembelajaran terdiri dari persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan dengan memenuhi jumlah siswa per kelas maksimal 32 siswa beban kerja guru minimal 24 jam tiap minggunya dan penggunaan berbagai macam variasi sumber belajar. Untuk pelaksanaan pembelajaran terdapat 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun untuk kegiatan inti dibedakan menjadi eksplorasi elaborasi dan konfirmasi. Penjaminan mutu penilaian proses dan hasil pembelajaran di RSBI SMA Negeri 3 Malang dilakukan dengan menggunakan standar penilaian pendidikan. Dalam penilaian terdapat buku nilai terdapat hasil penilaian pengolahan nilai dan adanya tindak lanjut remedial. Teknik yang dipakai berupa tes observasi maupun penugasan baik perorangan maupun kelompok. Penjaminan mutu pengawasan proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Malang dilakukan dengan melaksanakan pemantauan supervisi evaluasi pelaporan dan tindak lanjut. Pencapaian indikator kinerja kunci tambahan di RSBI SMA Negeri 3 Malang terdiri dari (1) proses pembelajaran pada semua mata pelajaran menjadi teladan bagi sekolah lainnya dalam pengembangan akhlak mulia budi pekerti luhur kepribadian unggul kepemimpinan jiwa entrepreneural jiwa patriot dan jiwa innovator (2) menerapkan model sekolah unggul dari negara anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan (3 menerapkan pembelajaran berbasis TIK pada semua mata pelajaran dan (4) menggunakan Bahasa Inggris dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi (1) Kepala Sekolah RSBI SMA Negeri 3 Malang agar terus meningkatkan pengawasan proses pembelajaran di RSBI SMA Negeri 3 Malang dan memotivasi para guru/mengirimkan guru untuk melanjutkan studi ke S-2/S-3 agar lebih meningkatkan kualitas guru (2) Ketua Unit Penjaminan Mutu agar terus mempertahankan dan meningkatkan penjaminan mutu proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Malang. Selain itu UPM diharapkan dapat menjamin mutu dari objek penjaminan mutu lainnya yang meliputi akreditasi kurikulum penilaian pendidik tenaga kependidikan sarana dan prasarana pengelolaan dan pembiayaan agar dapat menunjang lancarnya pelaksanaan proses pembelajaran (3) pendidik RSBI SMA Negeri 3 Malang agar terus meningkatkan kinerja dan proses pembelajaran yang dilakukan sehingga hasil dari proses pembelajaran menjadi lebih bagus dari yang sebelumnya. Pendidik juga lebih meningkatkan profesionalisme dan semangat kerja keras untuk menerapkan program bilingual yang ada di sekolah agar siswa dapat lebih termotivasi dalam belajar dan pendidik dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi agar dapat meningkatkan kualitas sekolah dan (4) peneliti lain terus melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain yang bermanfaat dari penjaminan mutu proses pembelajaran. Aspek yang bermanfaat untuk diteliti misalnya peningkatan manajemen sarana prasarana dalam menunjang penjaminan mutu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3233

Actions (login required)

View Item View Item