Peran online marketing melalui media sosial instagram di Fla Hotplate Malang dalam membentuk Electronic Word of Mouth (e-WoM) / Ayodhya Tirta Kartika

Kartika, Ayodhya Tirta (2018) Peran online marketing melalui media sosial instagram di Fla Hotplate Malang dalam membentuk Electronic Word of Mouth (e-WoM) / Ayodhya Tirta Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kartika, Ayodhya.Tirta. 2018. Peran Online Marketing Melalui Media Sosial Instagram di Fla Hotplate Malang dalam Membentuk Electronic Word Of Mouth (E-WOM). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Rachmad Hidayat, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: online marketing, instagram, electronic word of mouth. Teknologi yang berkembang pesat menjadikan internet sebagai perangkat yang berpengaruh di seluruh kalangan. Salah satu akses layanan internet yang banyak sekali digunakan masyarakat dalam berkomunikasi adalah media sosial. Media sosial yang saat ini populer digunakan untuk pemasaran online adalah media sosial Instagram. Strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial sebagai cara memasarkan produk atau jasa adalah electronic word of mouth. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Peran online marketing melalui media sosial Instagram pada Fla Hotplate dalam membentuk electronic word of mouth, dan (2) Maksimalisasi promotion tools yang digunakan Fla Hotplate melalui media sosial Instagram yang dirasakan konsumen dalam membentuk electronic word of mouth. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan 3 tahap, yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Paparan data disajikan dalam bentuk kata-kata, kalimat, serta data yang dipaparkan adalah hasil observasi selama di lapangan, wawancara informan dan dokumentasi berupa gambar dan rekaman suara. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa (1) Fla Hotplate menciptakan menu hotplate dengan harga terjangkau, khususnya untuk mahasiswa dan pelajar, serta menggunakan Instagram sebagai sarana pemasarannya. Endorse dan menggunakan fitur bersponsor digunakan untuk menjaring konsumen. Repost foto/video dan mempertahankan kualitas makanan menjadi cara untuk mempertahankan pelanggan. Informasi tentang Fla Hotplate juga rutin diunggah di akun Instagram Fla Hotplate. Konsumen yang datang ke Fla Hotplate dan merasa puas, akan dengan senang hati menceritakan pengalaman baiknya di Instagram, dan (2) promotion tools yang digunakan Fla Hotplate melalui Instagram yaitu advertising, sales promotion, internet marketing dan public relation. Diharapkan agar (1) Fla Hotplate membuat feeds yang lebih menarik, agar konsumen juga semakin tertarik pada Fla Hotplate, (2) Fla Hotplate sebaiknya membuat diskon atau giveaway untuk mendapatkan minat konsumen dan mempertahankan konsumen, (3) Kegiatan pemasaran secara tradisional semakin digencarkan, mengingat bahwa pemasaran online dilaksanakan secara online namun tetap terkait dengan pemasaran secara tradisional dan mempertahankan konsumen yang setia, (4) Diharapkan Fla Hotplate dapat membuka cabang baru di Kota Malang, serta (5) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali peran online marketing melalui media sosial Instagram dalam membentuk electronic ii word of mouth pada perusahaan lain yang bidang usahanya sejenis maupun tidak sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32329

Actions (login required)

View Item View Item