Strategi pemasaran objek daya tarik wisata budaya berdasarkan analisa SWOT di Kabupaten Sumenep / Mohammad Rishal Eko Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pemasaran objek daya tarik wisata budaya berdasarkan analisa SWOT di Kabupaten Sumenep / Mohammad Rishal Eko Putra

Putra, Mohammad Rishal Eko (2018) Strategi pemasaran objek daya tarik wisata budaya berdasarkan analisa SWOT di Kabupaten Sumenep / Mohammad Rishal Eko Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rishal Eko Putra Mohammad. 2018. Strategi Pemasaran Objek Daya Tarik Wisata Budaya Berdasarkan Analisa SWOT Di Kabupaten Sumenep. Skripsi Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. I Wayan Jaman Adi Putera M.Si Kata Kunci Kualitatif Pemasaran Pariwisata Analisa SWOT Museum Keraton Sumenep Kabupaten Sumenep. Kegunaan penelitian ini dapat digunakan (1) Sebagai bahan refrensi masukan guna membenahi program pemerintah yaitu VISIT SUMENEP 2018 khususnya Kabupaten Sumenep. (2) Untuk memberikan suatu informasi kepada masyarakat luas bahwasanya di Indonesia terdapat banyak sekali objek wisata yang belum banyak diketahui oleh dunia. (3) Memberikan manfaat yang baik dalam persiapan program pemerintah VISIT SUMENEP 2018 dan juga memberikan manfaat terhadap perkembangan pemasaran pariwisata di Kabupaten Sumenep dalam mengelola objek wisata Penelitian dilakukan di Museum Keraton Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari wawancara langsung dengan informan. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara langsung dengan pengelola Museum Keraton Sumenep Disbudparpora Tokoh Masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Museum Keraton Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi fenomenologi dan bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) pariwisata di Kabupaten Sumenep. (2) Untuk menganalisis faktor eksternal (peluang dan ancaman) pariwisata di Kabupaten Sumenep. (3) Untuk menganalisis strategi pemasaran yang didasarkan pada analisis SWOT. (4) Untuk menentukan strategi jangka pendek dan jangka panjang pada pemasaran pariwisata objek daya tarik wisata budaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi jangka pendek Membuat Perda untuk mengatur kebersihan dan kelestarian Keraton Sumenep karena kepedulian masyarakat sekitar dan wisatawan terhadap kelestarian Keraton Sumenep dan juga benda peninggalannya dalam upaya menjaga nilai sejarah serta mendukung program pemerintah. (2) Strategi jangka panjang Merancang suatu program pemerintah seperti pameran dan seminar tentang pentingnya edukasi pada sejarah dan peninggalan bersejarah dan Mencantumkan edukasi sejarah sebagai salah satu pelajaran wajib di dalam kurikulum Pendidikan dimulai sejak tingkat pendidikan dini hingga perguruan tinggi khususnya di Kabupaten Sumenep. Pengembangan pariwisata nusantara dilaksanakan sejalan dengan upaya memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa serta menanamkan jiwa semangat dan nilai-nilai luhur bangsa dalam rangka lebih memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional terutama dalam bentuk penggalakkan pariwisata remaja dan pemuda dengan lebih meningkatkan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kepariwisataan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32328

Actions (login required)

View Item View Item