Pengaruh celebrity endorser terhadap ekuitas merek melalui kredibilitas merek motor Yamaha (studi pada mahasiswa FE UM Prosi S1 Manajemen angkatan 2014 dan angkatan 2015) / M. Aby Yazid Al-Bustomi

Al-Bustomi, M. Aby Yazid (2018) Pengaruh celebrity endorser terhadap ekuitas merek melalui kredibilitas merek motor Yamaha (studi pada mahasiswa FE UM Prosi S1 Manajemen angkatan 2014 dan angkatan 2015) / M. Aby Yazid Al-Bustomi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Al-Bustomi, Muhammad Aby Yazid. 2018. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Ekuitas Merek Melalui Kredibilitas Merek Motor Yamaha (Studi pada Mahasiswa FE UM Prodi S1 Manajemen Angkatan 2014 dan Angkatan 2015). Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Handri Dian Wahyudi, S.Pd., S.E., M.Sc. Kata Kunci: celebrity endorser, kredibilitas merek, ekuitas merek. Perkembangan dunia pemasaran senantiasa mengalami kemajuan yang cukup signifikan dari waktu ke waktu. Sehingga kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan saat ini dituntut tidak hanya dapat mengembangkan suatu produk yang berkualitas, namun juga dapat mengomunikasikannya dengan konsumen secara terintegrasi. Dengan komunikasi yang terintegrasi dan disampaikan oleh bintang iklan yang mempunyai kredibilitas yang tinggi pesan-pesan dari sebuah produk akan tersampaikan dengan baik kepada konsumen, sehingga pada akhirnya pengetahuan konsumenlah yang menimbulkan perbedaan-perbedaan yang kemudian akan tercipta sebuah ekuitas merek yang tertanam kuat di benak konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung variabel celebrity endorser terhadap ekuitas merek melalui kredibilitas merek produk motor Yamaha pada Mahasiswa FE UM Prodi S1 Manajemen angkatan 2014 dan angkatan 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FE UM Prodi S1 Manajemen Angkatan 2014 dan Angkatan 2015 sebesar 137 mahasiswa yang mengetahui Valentino Rossi sebagai endorser Yamaha dan mempunyai motor Yamaha dengan berbagai tipe yang digunakan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 113 responden. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan WarpPLS dengan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara celebrity endorser terhadap kredibilitas merek, kredibilitas merek terhadap ekuitas merek, celebrity endorser terhadap ekuitas merek dan celebrity endorser terhadap ekuitas merek melalui kredibilitas merek. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan peneliti kepada perusahaan Yamaha motor yaitu (1) Yamaha diharapkan tidak hanya mengandalkan keahlian dan kepercayaan masyarakat terhadap Valentino Rossi saja dan harus bisa mencari artis Indonesia sebagai endorser Yamaha yang mempunyai wajah rupawan. (2) Yamaha perlu terus berinovasi agar produk-produknya tetap menjadi yang paling inovatif dan menjadi yang terdepan di pasaran. (3) Perusahaan diharapkan lebih memperhatikan kompetitor-kompetitornya agar perusahaan tahu sampai sejauh mana perusahaan bersaing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32326

Actions (login required)

View Item View Item