Kajian Tribalisme Pelanggan Pada Suporter Sepak Bola Aremania / Yusuf Zubaidhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian Tribalisme Pelanggan Pada Suporter Sepak Bola Aremania / Yusuf Zubaidhi

Zubaidhi, Yusuf (2018) Kajian Tribalisme Pelanggan Pada Suporter Sepak Bola Aremania / Yusuf Zubaidhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

biasa tidak lagi menjadi tontonan hiburan bagi pecinta bola semata. Lebih dari itu sepak bola Indonesia saat ini mulai berkembang menuju industri besar yang menjanjikan keuntungan yang besar pula. Keuntungan tersebut tidak lepas dari peran suporter yang selalu mendukung sebuah klub sepak bola. Basis suporter ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan kelompok lain. Sebuah klub akan memiliki keuntungan lebih jika bisa mengenali suporter mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tribalisme pelanggan yang ada pada kelompok suporter Aremania. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berjenis fenomenologi. Objek penelitian adalah Aremania. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah tetua Aremania yang ada di kota Malang ketua korwil serta Aremania yang ada di stadion. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah pengumpulan data reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi dan pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan ada berbagai faktor yang mempengaruhi seseorang menjadi Aremania yaitu faktor kelompok acuan keluarga dan psikologi (persepsi). Aremania memiliki ciri-ciri sebagai tribalisme pelanggan dan tribalisme dalam sepak bola. Ciri-ciri Aremania sebagai tribalisme pelanggan antara lain Aremania tidak memiliki kekuatan sentral (pemimpin) memiliki hubungan dengan suporter lain memiliki tradisi dan bisa mempengaruhi kebijakan manajemen Arema FC. Sementara Aremania sebagai tribalisme dalam sepak bola seperti menggunakan jersey atau aksesoris klub mendukung langsung ke stadion serta berkonflik dengan institusi sepak bola (PSSI). Aremania memiliki jenis loyalitas premium. Mereka memiliki tingkat pembelian ulang yang tinggi terhadap produk yang ditawarkan oleh klub. Mereka juga mendorong orang lain untuk mengonsumsi produk-produk klub Arema. Loyalitas Aremania terhadap klub Arema berada pada tingkat advocates. Mereka membeli seluruh barang/jasa yang ditawarkan sesuai kebutuhan serta melakukan pembelian secara teratur. Disamping itu mereka juga memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan klub Arema. Saran yang diberikan untuk pihak manajemen klub Arema FC adalah agar dapat membuat program-program yang dapat meningkatkan ikatan sosial dengan Aremania. Mengingat Aremania merupakan bagian penting yang selalu mendukung Arema dimanapaun berada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32324

Actions (login required)

View Item View Item