Pengaruh kepercayaan online terhadap minat beli online melalui persepsi risiko pada transaksi jual beli di Lazada (studi pada mahasiswa Program S1 Manajemen angkatan 2017 FE UM) / Sasky Dwi Kisanto

Kisanto, Sasky Dwi (2018) Pengaruh kepercayaan online terhadap minat beli online melalui persepsi risiko pada transaksi jual beli di Lazada (studi pada mahasiswa Program S1 Manajemen angkatan 2017 FE UM) / Sasky Dwi Kisanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kisanto, S. D. 2018. Pengaruh Kepercayaan Online terhadap Minat Beli Online melalui Persepsi Risiko pada Transaksi Jual Beli di Lazada-Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi-Program Studi S1 Manajemen-Universitas Negeri Malang Angkatan 2017. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P, M.M. Kata Kunci: Kepercayaan Online, Persepsi Risiko, Minat Beli Online Perkembangan internet kini telah mampu mempengaruhi lingkungan pemasaran di seluruh dunia. Fakta perkembangan e-commerce menunjukkan tentang perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja, kususnya dalam melakukan pembelian online. Keuntungan dengan adanya e-commerce membuat konsumen dapat memesan barang atau jasa di manapun dan kapanpun mereka mau selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu tanpa harus kawatir dengan zona waktu dan kemacetan. Dengan beragam kelebihan dan kemudahan yang dimiliki oleh situs e-commerce, pada kenyataannya sampai sekarang pembelian secara online masih dianggap lebih berisiko dari pada pembelian secara offline. Demi menumbuhkan minat beli online terhadap situs e-commerce, maka dibutuhkan perhatian kusus untuk mengelola kepercayaan online dan persepsi risiko konsumen. Tujuan dalam penelitian ini diantara lain untuk mengetahui: (1) Deskripsi pengaruh kepercayaan online terhadap minat beli online melalui persepsi risiko pada transaksi jual beli di Lazada; (2) Besarnya pengaruh langsung persepsi risiko terhadap minat beli online; (3) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung kepercayaan online terhadap minat beli online melalui persepsi risiko. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program S1 Manajemen Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang belum pernah melakukan pembelian online di Lazada tapi memiliki minat untuk melakukan pembelian online di Lazada berjumlah 165 orang. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 141 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sementara teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path). Hasil uji analisis jalur (path) menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung negatif signifikan kepercayaan online terhadap persepsi risiko; (2) Terdapat pengaruh langsung negatif signifikan persepsi risiko terhadap minat beli online. (3) Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung positif signifikan kepercayaan online terhadap minat beli online melalui persepsi risiko. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka peneliti memberikan saran yaitu: (1) Situs jual beli Lazada disarankan untuk memberikan jaminan penggantian produk yang tidak sesuai dikarenakan produk yang rusak atau cacat produk karena responden menilai bahwa situs Lazada cukup berisiko. (2) Peneliti selanjutnya yang ingin meneliti variabel minat beli online diharapkan menggunkan variabel eksogen yang lainnya. Peneliti menyarankan menggunakan varibel ekuitas merek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32323

Actions (login required)

View Item View Item