Pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan merek (studi pada pelanggan Toyota Auto 2000 Sutoyo-Malang) / Wiwit Andryanto

Andryanto, Wiwit (2018) Pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan merek (studi pada pelanggan Toyota Auto 2000 Sutoyo-Malang) / Wiwit Andryanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Andryanto, W. 2018. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepercayaan Merek (Brand Trust) (Studi pada Pelanggan Toyota AUTO 2000 Sutoyo-Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si. Kata Kunci: citra merek, kepercayaan merek, loyalitas pelanggan Di era modern ini, pilihan merek produk otomotif semakin beragam baik yang telah lama dikenal masyarakat maupun yang masih baru. Setiap perusahaan memiliki strategi untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan penjulan, dimana perusahaan otomotif tersebut berusaha untuk bersaing menjadi perusahaan otomotif terbaik bagi masyarakat. Toyota merupakan perusahaan otomotif yang paling banyak dikenal masyarakat dan menjadi perusahaan otomotif pilihan pelanggan. Menjadi perusahaan pilihan bukan hal yang mudah untuk dilakukan, melihat dari semua perusahaan-perusahaan otomotif yang selalu berinovasi membuat produk baru. Untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan harus bisa mempertahankan dan meningkatkan penjualan dengan cara mempertahankan loyalitas pelanggan. Mempertahankan loyalitas pelanggan dilakukan dengan cara selalu menjaga citra perusahaan dan menjaga kepercayaan dari para pelanggan. Dengan hal tersebut maka perusahaan otomotif harus benar-benar tepat dalam menentukan strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Deskripsi keadaan variabel citra merek terhadap variabel loyalitas pelanggan melalui variabel kepercayaan merek; (2) Besarnya pengaruh langsung variabel citra merek terhadap variabel kepercayaan merek; (3) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung variabel citra merek terhadap variabel loyalitas pelanggan melalui variabel kepercayaan merek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah citra merek (X1) dan kepercayaan merek (X2) sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah loyalitas pelanggan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan dari Toyota AUTO 2000 Sutoyo-Malang. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 272 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Skala dalam penelitian ini adalah menggunakan skala Likert dengan opsi jawaban yaitu, sangat setuju, setuju, kurang setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Jenis skala dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang dirubah menjadi skala interval terlebih dahulu dengan menggunakan MSI (Method of Succesive Interval). Uji kelayakan instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path). Hasil analisis statistik deskriptif dalam penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Citra merek diklasifikasikan tinggi; (2) Kepercayaan merek diklasifikasikan tinggi; (3) Loyalitas pelanggan diklasifikasikan tinggi. Hasil uji analisis jalur ii (path) menunjukan bahwa: (1) Pengaruh citra merek (X1) terhadap kepercayaan merek (X2) adalah sebesar 19,9% sedangkan 80,1% dipengaruhi variabel lain; (2) Pengaruh citra merek (X1) dan kepercayaan merek (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) adalah sebesar 10,6% sedangkan 89,4% dipengaruhi variabel lain; (3) Pengaruh langsung citra merek (X1) terhadap kepercayaan merek (X2) adalah sebesar 35,8%; (4) Pengaruh langsung dan tidak langsung citra merek (X1) terhadap loyalitas pelanggan (Y) melalui kepercayaan merek (X2) adalah sebesar 6,9% sedangkan pengaruh langsung dan tidak langsung kepercayaan merek (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 13,1%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan citra merek terhadap kepercayaan merek; (2) Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung secara positif dan signifikan citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil penelitian yang didapatkan maka penulis memberikan saran sebagai berikut: (1) Bagi perusahaan harus mempertahankan strategi bersaing yang sudah ada dan juga meningkatkan mutu strategi tersebut agar tingkat keunggulan masih tetap terjaga untuk dapat unggul dari para kompetitornya; (2) Toyota hendaknya memberikan inovasi-inovasi terbaru pada produk-produknya terutama pada interior mobil keluaran terbaru agar para pelanggan dapat merasakan fasilitas yang belum ada pada mobil generasi sebelumnya; (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih berhati-hati dengan pembulatan angka terutama dalam perhitungan sampel; (4) Agar lebih berinovasi lagi dalam melakukan penelitian dengan mengamati variabel lainnya seperti keragaman produk, strategi customer relationship management, dan marketing mix.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32317

Actions (login required)

View Item View Item