Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepercayan Merek (Studi pada Pengguna Jasa PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang) / Nareza Yudhitya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepercayan Merek (Studi pada Pengguna Jasa PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang) / Nareza Yudhitya

Yudhitya, Nareza (2018) Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepercayan Merek (Studi pada Pengguna Jasa PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang) / Nareza Yudhitya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yudhitya N. 2018. Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepercayan Merek (Studi pada Pengguna Jasa PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang) Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si Kata kunci Citra Merek Kepercayaan Merek dan Minat Pembelian Ulang Kebutuhan masyarakat yang tinggi terhadap bisnis jasa pada saat ini contohnya terjadi pada jasa pengiriman. Untuk melakukan pendistribusian dari satu tempat ke tempat yang berbeda dan berjauhan pada saat ini jasa pengiriman memang sangat diperlukan. Tingginya angka bersaing untuk memberikan kepuasan oleh pelanggan membuat setiap perusahaan melakukan pelayanan yang terbaik fasilitas maupun harga yang bersaing dengan jasa pengiriman lain sehingga menimbulkan dampak yang baik pula terhadap citra jasa pengiriman tersebut. Hal ini mengingat bahwa citra merek yang baik dan kepercayaan terhadap jasa pengiriman akan berpengaruh kepada loyalitas yang salah satunya dibuktikan dengan minat beli ulang pada jasa pengiriman yang sama. Minat pembelian ulang terjadi karena adanya faktor citra merek dan kepercayaan merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi citra merek kepercayaan merek dan minat pembelian ulang pada pengguna jasa PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang besarnya pengaruh langsung citra merek terhadap kepercayaan merek besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung citra merek terhadap minat pembelian ulang melalui kepercayaan merek. Motode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksplanatori. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah citra merek (X1) dan kepercayaan merek (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah minat pembelian ulang (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang yang berjumlah 200. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 152 yang dihitung dengan menggunakan rumus Daniel Terrel. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik simple random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert dengan 5 pilihan jawaban yaitu Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Kurang Setuju Setuju dan Sangat Setuju. Jenis skala ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Citra merek diklasifikasikan baik (2) Kepercayaan merek diklasifikasikan tinggi (3) Minat pembelian ulang diklasifikasikan tinggi. Hasil uji analisis jalur (path) menunjukkan bahwa (1) Citra merek berpengaruh terhadap kepercayaan merek dan dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini (2) Citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh terhadap minat ii pembelian ulang dan dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini (3) Citra merek berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap minat pembelian ulang melalui kepercayaan merek. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merek terhadap kepercayaan merek (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merek dan kepercayaan merek terhadap minat pembelian ulang. Hasil koefisien determinasi total menunjukkan bahwa variabel bebas (X1) dan intervening (X2) memberi pengaruh sebesar 54 4% terhadap variabel terikat (Y). Sedangkan selebihnya sebesar 45 6% dijelaskan variabel lain diluar model. Hasil uji sobel test yang telah dilakukan mendapatkan nilai t sebesar 8 545 karena nilai t yang diperoleh sebesar 8 545 1 976 dengan tingkat signifikansi 5% maka membuktikan bahwa kepercayaan merek mampu memediasi hubungan pengaruh citra merek terhadap minat pembelian ulang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut (1) PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang sebaiknya melakukan inovasi baru yang dibutuhkan pelanggan dan tidak dimiliki oleh perusahaan jasa pengiriman lainnya sehingga pelanggan hanya akan mendapatkan jasa pengiriman yang sesuai dengan harapan di PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang. Dengan demikian pelanggan akan memiliki persepsi bahwa PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang merupakan jasa pengiriman yang terbaik (2) PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang sebaiknya memperhatikan lagi pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan sehingga pelanggan tidak merasa kecewa saat menggunakan jasa pengiriman di PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Hamid Rusdi-Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32316

Actions (login required)

View Item View Item