Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Smartphone Samsung (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016 dan 2017) / Muhammad Yul Syaikhul Mujahidin

Mujahidin, Muhammad Yul Syaikhul (2018) Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Smartphone Samsung (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016 dan 2017) / Muhammad Yul Syaikhul Mujahidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mujahidin, Muhammad Yul Syaikhul. 2018. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Smartphone Samsung (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016 dan 2017). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Rachmad Hidayat, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan di industri smartphone Indonesia dan permintaan masyarakat terhadap smartphone akan memunculkan persaingan yang sangat kompetitif bagi produsen-produsen smartphone yang akan menyebabkan sulitnya produsen untuk merebut pangsa pasar yang telah ditetapkan. Selera pelanggan yang sangat bervariasi dan bersifat dinamis akan mendorong produsen untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan produk smartphone yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Tentunya sangat banyak sekali fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh smartphone, hingga sampai saat ini masih sangat banyak sekali peminatnya terutama pada kalangan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) persepsi pelanggan mengenai kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas pelanggan smartphone Samsung dan, untuk mengetahui (2) pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan smartphone Samsung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan pengguna smartphone Samsung yang merupakan mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang angkatan 2016 dan 2017. Peneliti membagikan kuesioner elektronik via Google Doc kepada 112 responden. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pelanggan mempersepsikan kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas smartphone Samsung adalah baik, dan pelanggan juga loyal menggunakan smartphone Samsung; (2) kesadaran merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan; (3) asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; (4) persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan;, dan (5) kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, terdapat beberapa saran terhadap Samsung yaitu (1) memberikan produk yang berkualitas, membuat differensiasi dari produk pesaing yang sejenis yang pada intinya akan membuat smartphone Samsung menjadi lebih unggul dari pesaing, (2) berinovasi menciptakan produk baru dan meningkatkan kualitas produknya agar menjadi produk yang tahan lama dan dipercaya pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32315

Actions (login required)

View Item View Item