Pengaruh city branding terhadap tourist satisfaction melalui buzz marketing sebagai variabel mediasai (studi pada wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Kota Batu) / Hanang Ilham Yohana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh city branding terhadap tourist satisfaction melalui buzz marketing sebagai variabel mediasai (studi pada wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Kota Batu) / Hanang Ilham Yohana

Yohana, Hanang Ilham (2018) Pengaruh city branding terhadap tourist satisfaction melalui buzz marketing sebagai variabel mediasai (studi pada wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Kota Batu) / Hanang Ilham Yohana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Yohana Hanang Ilham. 2018. Pengaruh City Branding terhadap Tourist Satisfaction Melalui Buzz Marketing sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Titis Shinta Dhewi S.P. M.M. Kata Kunci city branding buzz marketing tourist satisfaction Kota Batu Tingginya tingkat persaingan industri pariwisata saat ini menuntut setiap daerah di Indonesia agar dapat untuk mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki. Kota Batu merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang kaya akan potensi pariwisata. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Batu dalam mengembangkan potensi wisata yang ada yaitu dengan strategi city branding. Strategi city branding diharapkan dapat meningkatkan kualitas Kota Batu sebagai kota pariwisata sehingga dapat menciptakan buzz marketing di masyarakat. Tujuan akhir dari penerapan strategi city branding dan adanya buzz marketing yaitu agar menciptakan kepuasan bagi wisatawan (tourist satisfaction) yang datang ke Kota Batu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kondisi city branding buzz marketing dan tourist satisfaction menurut presepsi wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Batu pada tahun 2017 (2) Pengaruh langsung city branding terhadap buzz marketing serta (3) Pengaruh langsung dan tidak langsung city branding terhadap tourist satisfaction melalui buzz marketing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Batu pada tahun 2017 dengan sampel minimal sebanyak 230 responden. Metode penentuan sampel menggunakan teknik sampling dari list/daftar populasi. Jenis skala pengukuran dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Analisis data yang digunaka yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kondisi city branding Kota Batu dalam kondisi yang baik buzz marketing terjadi secara masif dan tourist satisfaction menurut presepsi wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Batu pada tahun 2017 dalam kategori memuaskan (2) City branding berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap buzz marketing (3) City branding berpengaruh positif dan signifikan secara langsung dan tidak langsung terhadap tourist satisfaction melalui buzz marketing. Berdasarkan penelitian ini Pemerintah Kota Batu diharapkan (1) Dapat mempertahankan city branding Shining Batu dengan meningkatkan intensitas promosi merek (brand) (2) Terus menjaga memilihara mengembangkan serta meningkatkan kualitas Kota Batu dari seluruh aspek yang termasuk dalam aspek-aspek city branding khususnya aspek fasilitas transportasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32313

Actions (login required)

View Item View Item