Branding partai politik (studi pada tagline Kalau Bukan Kita Siapa Lagi Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi dalam membentuk citra Partai Gerindra Kota Malang) / Dewi Masitoh

Masitoh, Dewi (2018) Branding partai politik (studi pada tagline Kalau Bukan Kita Siapa Lagi Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi dalam membentuk citra Partai Gerindra Kota Malang) / Dewi Masitoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Masitoh, Dewi. 2018. Branding Partai Politik (Studi pada Tagline Kalau Bukan Kita Siapa Lagi Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi dalam Membentuk Citra Partai Gerindra Kota Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M Kata Kunci: branding, citra, Partai Gerindra Banyaknya alternatif produk yang tersedia di pasar menuntut para produsen dan para penyedia jasa untuk mampu menciptakan nilai dan keunggulan dari para pesaingnya. Hal ini juga berlaku pada sistem politik di Indonesia yang bersifat multi partai untuk mendapatkan dukungan masyarakat. Partai Gerindra adalah salah satu organisasi politik yang menciptakan nilai lebih dari partai politik lain dengan cara branding politik untuk membangun citra yang baik di masyarakat. Partai Gerindra berusaha menawarkan produk politik yang berbeda dan membangun merek yang kuat di tengah masyarakat dengan mem-branding organisasinya melalui tagline politik partai. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui makna branding melalui tagline pada Partai Gerindra, mengetahui bagaimana tagline dapat membentuk citra Partai Gerindra, mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Partai Gerindra dalam upaya branding partai, dan mengetahui apakah branding melalui tagline dapat menjadi pendorong masyarakat untuk bergabung menjadi anggota Partai Gerindra. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan anggota Partai Gerindra. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu sumber data, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Partai Gerindra memaknai branding sebagai sebuah bentuk komunikasi politik kepada masyarakat yang memiliki tujuan khusus yang harus tercapai, (2) tagline politik Partai Gerindra diimplementasikan ke dalam program-program sosial untuk membentuk citra Partai Gerindra, (3) kendala dalam kegiatan branding yang dihadapi partai yaitu sedikitnya sumber daya manusia partai yang handal, waktu pengkaderan yang lama, dan persaingan antarsesama partai politik, (4) tagline bukan sebagai faktor pendorong masyarakat untuk bergabung dengan Partai Gerindra, akan tetapi figur pemimpin yang dimiliki partai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32311

Actions (login required)

View Item View Item