Analisis pelaksanaan e-WoM (electronic word of mouth) pada konsumen online shop (studi fenomenologi) untuk produk fashion / Indra Cahyo Romadhon - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan e-WoM (electronic word of mouth) pada konsumen online shop (studi fenomenologi) untuk produk fashion / Indra Cahyo Romadhon

Romadhon, Indra Cahyo (2018) Analisis pelaksanaan e-WoM (electronic word of mouth) pada konsumen online shop (studi fenomenologi) untuk produk fashion / Indra Cahyo Romadhon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Romadhon Indra Cahyo. 2018. Analisis Pelaksanaan e-WoM (electronic Word of Mouth) Pada Konsumen Online Shop (Studi Fenomenologi) Untuk Produk Fashion. Skripsi Jurusan Manajemen Program S1 Studi Manajemen Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata Kunci e-WoM Marketplace Ulasan Marketplace merupakan platform berbelanja online yang sangat digemari saat ini. Salah satu kategori produk yang dijual di marketplace adalah kategori fashion. Penelitian ini fokus untuk membahas e-WoM produk fashion pada marketplace. Bentuk e-WoM pada marketplace dapat berupa indeks penilaian (1- 5) deskripsi ulasan dan foto dari pembeli lain yang sudah membeli suatu produk. Dengan adanya e-WoM tersebut peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksaan e-WoM oleh konsumen online shop marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada informan kemudian ditranskrip kedalam bentuk teks. Pada saat melakukan wawancara peneliti sekaligus melakukan triangulasi data dengan cara mendokumentasikan wawancara tersebut ke dalam bentuk rekaman dan melakukan observasi pada akun yang digunakan informan untuk berbelanja. Lewat akun informan tersebut peneliti akan melakukan observasi dengan menelusuri akun penjual produk yang pernah dibeli oleh informan dan mencari informasi e-WoM lebih lanjut pada akun penjual tersebut. Penelitian ini melibatkan 6 informan yaitu 2 karyawati 2 mahasiswi dan 2 ibu rumah tangga. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis fenomenologi yang dibagi menjadi 3 tahap yaitu tahap awal tahap horizonalization dan cluster of meaning. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 4 hasil penelitian yaitu 1. platform marketplace lebih transparan dalam memberikan informasi e-WoM sehingga dapat menambah kepercayaan pembeli untuk berbelanja 2. informan karyawati dan mahasiswi detail dan mendalam ketika memanfaatkan informasi e- WoM 3. informan karyawati dan mahasiswi juga ekspresif ketika memberikan suatu ulasan. 4. keputusan pembelian informan paling besar dipengaruhi faktor intensitas ulasan dan konten ulasan baik itu ulasan positif maupun negatif. Selain itu ditemukan juga faktor jumlah produk terjual atau tingkat konversi dapat mempengaruhi keputusan pembelian informan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32309

Actions (login required)

View Item View Item