Proses internalisasi nilai-nilai K3, pengetahuan K3, pemahaman K3 dan kepatuhan K3 pada divisi kapal niaga di PT. PAL Indonesia (Persero) / Mira Aprilia Harlista

Harlista, Mira Aprilia (2018) Proses internalisasi nilai-nilai K3, pengetahuan K3, pemahaman K3 dan kepatuhan K3 pada divisi kapal niaga di PT. PAL Indonesia (Persero) / Mira Aprilia Harlista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harlista, Mira Aprilia. 2018. Proses Internalisasi Nilai-Nilai K3, Pengetahuan K3, Pemahaman K3 dan Kepatuhan K3 pada Divisi Kapal Niaga di PT. PAL Indonesia (Persero). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Syihabudhin, S.E, M.Si Kata Kunci : Proses internalisasi nilai-nilai K3, Pengetahuan K3, Pemahaman K3, Kepatuhan K3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) karyawan akhir-akhir ini mendapat perhatian khusus karena masih tingginya angka kecelakaan kerja. Salah satunya sektor industri pembuatan kapal di Surabaya yaitu PT. PAL Indonesia (Persero) yang termasuk pekerjaan rawan terjadinya kecelakaan terutama pada bagian produksi kapal maka diperlukanlah tinjauan proses internalisasi nilai-nilai K3 dan pengetahuan K3, pemahaman K3, dan kepatuhan K3 oleh karyawan. Berdasarkan regulasi dari hasil perijinan untuk melakukan penelitian ini berspesifikasi pada bagian Divisi Kapal Niaga. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui proses internalisasi nilai-nilai K3 karyawan yang dilakukan oleh perusahaan maupun pihak karyawan pada Divisi Kapal Niaga di PT. PAL Indonesia (Persero). (2) Mengetahui pengetahuan K3, pemahaman K3, dan kepatuhan K3 karyawan pada Divisi Kapal Niaga di PT. PAL Indonesia (Persero) Penelitian yang dilakukan di PT. PAL Indonesia (Persero) ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil Penelitian : (1) (a). Proses internalisasi K3 dengan internalisasi metode pelatihan kurang begitu efektif untuk karyawan, (b). Proses internalisasi dengan internalisasi metode sosialisasi K3 membuat karyawan lebih efektif menyadari dan tanggap akan bahaya kerja, (c). Proses internalisasi dengan internalisasi metode inisiatif dalam tempat kerja yaitu membuat karyawan sadar dan tanggap melakukan berbagai inisiatif dalam bekerja sesuai dengan kebutuhan K3. (d). Proses internalisasi dengan internalisasi metode inisiatif di luar tempat kerja dengan metode ini karyawan sangat pasif dan lebih menunggu kegiatan yang di berikan oleh perusahaan. (2) Pengetahuan K3, pemahaman K3 dan kepatuhan K3 di PT. PAL Indonesia (Persero) karyawan, memiliki tingkat pengetahuan K3, pemahaman K3, dan kepatuhan K3 yang baik karena karyawan memiliki kesadaran sebelum melakukan pekerjaan. Dengan hasil temuan penelitian ini, perusahaan menjadi lebih mengetahui mengenai suatu proses intenalisasi nilai-nilai K3, pengetahuan K3, pemahaman K3 dan kepatuhan K3 di perusahaan dan dapat dijadikan masukan untuk perusahaan yang dianggap harus di tingkatkan perlu juga dilakukan penelitian secara kuantitatif untuk mengkonfirmasi bahwa hasil penelitian ini penting untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32306

Actions (login required)

View Item View Item