Pemeliharaan karyawan bagian front office departement Hotel Kusuma Agrowisata Batu / Setyo Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemeliharaan karyawan bagian front office departement Hotel Kusuma Agrowisata Batu / Setyo Wibowo

Wibowo, Setyo (2018) Pemeliharaan karyawan bagian front office departement Hotel Kusuma Agrowisata Batu / Setyo Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Setyo. 2018. Pemeliharaan Karyawan pada bagian Front Office Department Hotel Kusuma Agrowisata Batu. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Afwan Hariri Agus Prohimi S.E M.Si. Kata Kunci Pemeliharaan Karyawan Pemeliharaan Karyawan merupakan suatu langkah perusahaan dalam mempertahankan karyawan agar tetapbekerja dengan baik dan produktif. Berbagai metode yang dipakai dalam proses pemeliharaan tersebut antara lain (1) Membangun Komunikasi (2) Insentif (3) Kesejahteraan Karyawan (4) Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan (5) Hubungan Industrial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pemeliharaan karyawan di Front Office DepartmentHotel Kusuma Agrowisata Batu untuk mengetahui peran dari setiap metode pemeliharaan yang diterapkan oleh manajemen serta untuk mengetahui bagaimana aktifitas pemeliharaan berperan terhadap karyawan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambian data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Informan yang ada pada penelitian ini yaitu Supervisor Reservation Receptionist dan Bellboydi Front Office Department Hotel Kusuma Agrowisata Batu. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa Front Office Department Hotel Kusuma Agrowisata Batu memiliki tingkat turnover yang rendah hal tersebut berasa dari metode pemeliharaan yang diterapkan.Banyak metode yang dilakukan untuk pemeliharaan karyawanya berdasarkan hasil penelitian peneliti menarik kesimpulan bahwa metode tersebut berhasil membuat karyawan bertahan di organisasi dengan urutan sebagai berikut (1) Membangun Komunikasi (2) Insentif (3 ) Kesejahteraan Karyawan (4) Hubungan Industrial dan (5) Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah sebagai berikut (1) kegiatan meeting internal supaya dilakukan atau direalisasikan sesuai jadwal yaitu seminggu sekali karena meeting berguna sebagai masukan antar karyawan guna membangun organisasi. (2) Parkir area untuk karyawan Front Office Department mungkin bisa di tempatkan lebih dekat dengan kantor karena selama ini tempat parkir karyawan sangat jauh dan memakan waktu hampir 10 menit. (3) Harga sewa sepeda di lobby hotel supaya bisa sedikit diturunkan agar lebih banyak penyewa sehingga bagus bagi pemasukan internal department dimana pemasukan itu bisa digunakan sebagai uang kas department yang bisa digunakan untuk keperluan karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32300

Actions (login required)

View Item View Item