Maryam, Siti (2024) Efektivitas model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing berbantuan media virtual lab terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi / Siti Maryam</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan kurikulum merdeka Pembelajaran kimia di SMA memiliki tujuan yang lebih luas daripada sekadar memahami konsep-konsep kimia. Salah satu tujuan utama adalah mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu kemampuan untuk menganalisis mengevaluasi dan mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber. Penggunaan model dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri terbimbing digunakan sebagai upaya untuk mengatasi minimnya kemapuan berfikir kritis siswa. PBL dan Inkuiri terbimbing merupakan jenis strategi pembelajaran konstruktivistik yang mengaitkan konsep dalam pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari yang melibatkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang dihadapi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing berbantuan media virtual lab pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bluto kabupaten Sumenep Tahun ajaran 2023/2024 pada materi pembelajaran laju reaksi. Penelitian ini menggunakan Quasi-Experimental Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bluto. Kelas XI di SMA Negeri 1 Bluto terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah kelas XI. E XI.F dan XI.G SMA Negeri 1 Bluto yang masing-masing terdiri dari 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk soal esai menggunakan indikator kerangka Facione Indikator tersebut antara lain 1) Interpretasi 2) Analisis 3) Inferensi 4) Evaluasi dan 5) Eksplanasi / Penjelasan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif uji Anova satu jalur (one-way anova) dan Uji efektivitas model pembelajaran dengan menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bluto yang belajar dengan menggunakan model PBL inkuiri terbimbing dan konvensional berbantuan media virtual lab. Model pembelajaran PBL dan inkuiri terbimbing berbantuan media virtual lab lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari pada model pembelajaran konvensional akan tetapi model pembelajaran PBL lebih efektif dibandingkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hal ini dilihat dari beberapa aspek keterampilan siswa dalam kegiatan pembelajaran seperti kemampuan meeumuskan masalah mengajukan pertanyaan analisis membuat kesimpulan dan melakukan analisis dalam menemukan konsep pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |