Pengembangan e-modul praktikum pada materi makromolekul terintegrasi bahan lokal berbasis inquiry berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan proses skill peserta didik SMA/MA / Jacky Anggara Nenohai - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul praktikum pada materi makromolekul terintegrasi bahan lokal berbasis inquiry berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan proses skill peserta didik SMA/MA / Jacky Anggara Nenohai

Nenohai, Jacky Anggara (2024) Pengembangan e-modul praktikum pada materi makromolekul terintegrasi bahan lokal berbasis inquiry berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan proses skill peserta didik SMA/MA / Jacky Anggara Nenohai. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan praktikum pada materi kimia di sekolah belum terealisasi dengan baik karena kekurangan waktu kurangnya alat dan bahan praktikum kurangnya keterampilan peserta didik serta sarana dan prasarana yang belum mendukung dalam proses praktikum. Mengatasi hal tersebut dibutuhkan media pembelajaran berupa e-modul yang membantu proses praktikum dengan menggunakan bahan kearifan lokal dan aplikasi handphone berbasis android. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin mengembangkan e-modul praktikum pada materi makromolekul terintegrasi bahan lokal berbasis inquiry berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan proses skill peserta didik ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul praktikum yang valid dan praktis serta mengetahui efektivitas e-modul praktikum dalam meningkatkan kemampuan proses skill peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasikan model dari Sugiyono (2016) yang terdiri dari 10 tahapan dan pada tahap penerapan yaitu uji coba pemakaian untuk mengetahui efektivitas e-modul praktikum. Sampel penelitian untuk uji coba produk di nilai oleh mahasiswa semester 2 FKIP Undana pada tahun ajaran 2022/2023 sedangkan uji coba pemakaian di peserta didik kelas XII SMAN 4 Kupang. Sampel penelitian ini mengambil dua kelas yaitu kelas eksperimen adalah peserta didik kelas XII IPA 3 dan kelas kontrol adalah peserta didik kelas XII IPA 4. Penetapan kelas eksperimen dan kontrol ini menggunakan teknik simple random sampling. Rancangan eksperimen yang digunakan yaitu eksperimen murni dengan jenis rancangan penelitian yang digunakan yaitu posttest only control grup design with nonequivalent groups. Hasil produk e-modul praktikum pada materi makromolekul terintegrasi bahan lokal berbasis inquiry berbantuan android yang telah berhasil dikembangkan ini berisi simulasi praktikum untuk setiap uji karbohidrat protein dan lemak secara umum yang mencakup tujuan pembelajaran dasar teori alat dan bahan yang berasal dari bahan NTT cara kerja dan hasil yang ada penjelasannya untuk setiap perlakuan daftar pustaka serta terdapat game dan musik untuk menarik minat peserta didik. Selain itu produk ini juga termasuk kedalam kategori sangat layak digunakan pada proses pembelajaran khususnya dalam praktikum dengan nilai rata-rata keseluruhan pada validator materi yaitu 95 75% validator media yaitu 98 18% serta hasil nilai ujicoba oleh mahasiswa pada perorangan kelompok kecil kelompok besar secara berturut-turut sebesar 95 83% 100% 100% serta produk ini dapat diakses dimanapun dan kapapun secara praktis. Hasil efektivitas produk e-modul praktikum pada materi makromolekul ini juga sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan proses skill peserta didik yang dimana ada perbedaan kemampuan proses skill peserta didik yang dinilai dari lembar observasi dan LKPD yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen (78 61) lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol (67 41) dengan nilai independent samples test sig. (2-tailed) yaitu 0 00 lt 0 05. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul praktikum pada materi makromolekul terintegrasi bahan lokal berbasis inquiry berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan proses skill peserta didik sangat valid dan praktis digunakan dimanapun dan kapanpun yang dapat diakses secara offline serta efektif diterapkan dalam proses praktikum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:29
Last Modified: 20 Jan 2025 03:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322988

Actions (login required)

View Item View Item