Pengaruh model pembelajaran argument-driven inquiry (ADI) berbasis sets (science, environment, technology, and society) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi termokimia / Muzainah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran argument-driven inquiry (ADI) berbasis sets (science, environment, technology, and society) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi termokimia / Muzainah</p>

Muzainah (2024) Pengaruh model pembelajaran argument-driven inquiry (ADI) berbasis sets (science, environment, technology, and society) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi termokimia / Muzainah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpijak pada landasan pemikiran rasional dan analitis berpikir kritis merupakan kemampuan kognitif yang mendasar bagi individu untuk mengevaluasi menganalisis dan menyaring informasi dengan cermat sebelum membuat keputusan atau menyatakan pandangan. Hal ini melibatkan proses pemikiran yang sistematis di mana individu secara aktif menggunakan logika argumentasi yang kuat serta pertimbangan objektif untuk menilai dan menginterpretasikan informasi yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendekatan SETS dalam model pembelajaran Argument-Driven Inquiry pada materi termokimia. Hal ini dikarenakan dalam ADI-SETS siswa didorong untuk tidak hanya mempelajari konsep ilmiah tetapi juga untuk mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan teknologi dan masyarakat sehingga mengharuskan mereka untuk melibatkan pemikiran kritis dalam mengevaluasi bukti ilmiah menyusun argumen yang didukung oleh data dan mengidentifikasi implikasi dari temuan mereka terhadap kehidupan sehari-hari teknologi atau isu-isu sosial. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nasional Malang Tahun ajaran 2023/2024 pada materi pembelajaran termokimia. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pre-test and pos-test control group design dengan jumlah siswa 46 orang. Dalam penelitian ini populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI di SMA Nasional Malang dengan total 5 kelas. Sampelnya berasal dari kelas XI-A dan XI-B MIPA masing- masing memiliki 23 siswa. Kelas XI-B menjadi kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ADI sementara kelas XI-A menjadi kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ADI-SETS. Metode pengambilan sampel menggunakan Convenience Sampling karena peneliti mengumpulkan data dari sampel yang sudah tersedia yaitu siswa dari kelas XI-A dan XI-B. Instrumen penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis (5 soal esai) dan hasil belajar (10 soal pilihan ganda) materi Termokimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen di mana skor rata-rata kelompok eksperiemen (80) lebih tinggi dari pada kelompok kontrol (63 9). Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memiliki nilai rata-rata masing-masing kelas sebesar 71 74 (kelas eksperimen) dan 63 04 (kelas kontrol). Uji Independent t-tes juga menunjukkan adanya perbedaan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan nilai Sig 0 003 lt 0 05 dan 0 043 lt 0 05. Implikasi dari penelitian ini adalah Pembelajaran ADI perlu dilengkapi dengan pendekatan SETS guna meningkatkan hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322987

Actions (login required)

View Item View Item