Pengaruh model pembelajaran cadi (cooperative-argument driven inquiry) terhadap kemampuan argumentasi ilmiah dan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia ditinjau dari gaya kognitif / Stella Afrilita Limbong</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran cadi (cooperative-argument driven inquiry) terhadap kemampuan argumentasi ilmiah dan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia ditinjau dari gaya kognitif / Stella Afrilita Limbong</p>

Limbong, Stella Afrilita (2024) Pengaruh model pembelajaran cadi (cooperative-argument driven inquiry) terhadap kemampuan argumentasi ilmiah dan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia ditinjau dari gaya kognitif / Stella Afrilita Limbong</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan suatu rumpun ilmu yang dibelajarkan di sekolah agar peserta didik secara khusus memiliki beberapa keterampilan diantaranya keterampilan berpikir kritis serta berkomunikasi. Sehingga perlu diterapkannya suatu pembelajaran yang mampu melatih keterampilan berpikir kritis dan komunikasi peserta didik salah satunya dengan model CADI (Cooperative-Argument Driven Inquiry). Penerapan model CADI disusun untuk membangun proses pembelajaran lewat penyelidikan ilmiah yang dilakukan oleh peserta didik secara bersama di dalam kelompok yang dapat ditinjau berdasarkan gaya kognitif yang dimiliki peserta didik. Sejalan dengan rancangan tersebut penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran CADI terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi kesetimbangan bila ditinjau dari gaya kognitif pada siswa kelas XI SMA Nasional Malang. Desain penelitian yang digunakan berupa quasi experimental pretest-posttest dengan faktorial 2x2 yang melibatkan 46 peserta didik sebagai sampel penelitian. Keterampilan berpikir kritis peserta didik diukur dengan menggunakan 4 butir soal esai sedangkan digunakan 3 soal esai untuk mengukur keterampilan argumentasi ilmiah. Instrumen pengukuran keterampilan berpikir kritis yang digunakan dinyatakan dengan tingkat validitas yang tinggi sebesar 80 34% dan tingkat validitas yang sangat tinggi untuk instrumen argumentasi ilmiah sebesar 87 50%. Selain itu instrumen pengukuran kemampuan berpikir kritis peserta didik dinyatakan reliabel dengan bantuan analisis menggunakan SPSS 26 for Windows sebesar 0 985 dan 0 973 untuk instrumen pengukuran keterampilan argumentasi ilmiah. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CADI yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0 000. Penerapan model pembelajaran CADI juga menunjukkan adanya perbedaan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0 001. Pola keterampilan berpikir kritis dan argumentasi ilmiah peserta didik dapat ditinjau dari gaya kognitif yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data menurut gaya kognitif kelompok peserta didik dengan gaya kognitif reflektif menunjukkan tingkat keterampilan berpikir kritis dan argumentasi ilmiah yang lebih tinggi daripada kelompok peserta didik dengan gaya kognitif impulsif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322985

Actions (login required)

View Item View Item