Widad, Saninah (2024) Pengembangan instrumen tes hots berkonteks socio-scientifi issues (SSI) pada topik termokimia dan penerapannya di SMA se-Kalimantan Barat / Saninah Widad</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya HOTS siswa Indonesia seperti yang terlihat dari hasil PISA memperlihatkan urgensi pembelajaran berorientasi HOTS salah satunya dengan melakukan pengembangan instrumen penilaian yang dapat mengukur HOTS siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan instrumen tes HOTS berkonteks SSI yang valdi dan reliabel pada topik Termokimia mengidentifikasi HOTS siswa di Kalimantan Barat secara umum dan lebih lanjut mengidentifikasi HOTS siswa di tiap tingkat Taksonomi Bloom dan tiap konteks SSI melalui survei yang diterapkan pada siswa di Kalimantan Barat. Metode penelitian pengembangan (R amp D) digunakan untuk menciptakan instrumen tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) berkonteks Socioscientific Issues (SSI) pada topik termokimia dan menerapkannya di SMA se-Kalimantan Barat. Melibatkan model pengembangan Borg dan Gall (1983) penelitian ini melalui tahapan pencarian informasi perencanaan pengembangan produk awal validasi ahli revisi uji coba skala terbatas revisi lagi uji coba skala luas revisi akhir dan diseminasi/implementasi. Instrumen diterapkan pada 423 siswa di 5 SMA SMA yang tersebar di 4 wilayah di Kalimantan Barat yaitu Kota Pontianak Kabupaten Bengkayang Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Sambas. Pemilihan sampel dengan convience sampling. Dilakukan 10 tahapan yaitu pencarian informasi perencanaan pengembangan produk awal uji coba awal revisi uji coba skala terbatas revisi uji coba skala luas revisi akhir dan implementasi. Instrumen pengumpulan data melibatkan tes HOTS angket validasi isi dan angket uji keterbacaan dengan metode pengumpulan data melibatkan validasi tes dan dokumentasi. Hasil pengembangan instrumen tes HOTS berkonteks Socioscientific Issues (SSI) pada topik termokimia menghasilkan 25 soal (20 pilihan ganda dan 5 esai) yang valid dan reliabel dengan lima konteks SSI. Profil keterampilan HOTS siswa di Kalimantan Barat ssecara keseluruhan menunjukkan skor rata-rata sebesar 37 74 mengindikasikan rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Analisis berdasarkan tingkat Taksonomi Bloom menunjukkan keterbatasan terutama pada tingkat C6 dengan kriteria kurang. Penelitian ini menunjukkan perlunya pengembangan instrumen HOTS untuk topik lain serta HOTS siswa yang masih rendah menunjukkan perlu pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan HOTS siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322982 |
Actions (login required)
View Item |