Minata, Zelen Surya (2023) Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif pdca berkonteks socioscientific issues terhadap kemampuan argumentasi ilmiah, keterampilan proses sains, dan metaafektif siswa SMA pada materi laju reaksi / Zelen Surya Minata</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan argumentasi ilmiah keterampilan proses sains dan metaafektif merupakan kompetensi penting yang dapat melatih kemampuan berpikir siswa dan harus dikembangkan dalam pembelajaran kimia. Laju reaksi adalah salah satu ilmu kimia yang memuat tiga representasi yaitu makroskopik submikroskopik dan simbolik. Topik materi ini memiliki konteks cukup banyak yang berhubungan dengan fenomena sains dalam kehidupan. Strategi pembelajaran metakognitif berkonteks Socioscientific Issues (SSI) berpotensi meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah keterampilan proses sains dan pemahaman konsep-konsep kimia yang bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif PDCA berkonteks SSI terhadap kemampuan argumentasi ilmiah keterampilan proses sains dan metaafektif dan (2) mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel kemampuan argumentasi ilmiah keterampilan proses sains dan metaafektif. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Perlakuan pembelajaran diimplementasikan pada tiga kelas yakni dua kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran metakognitif PDCA berkonteks SSI dan strategi pembelajaran metakognitif PDCA sedangkan pada kelas kontrol diberikan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain instrumen perlakuan yang mencakup silabus RPP dan LKPD sedangkan instrumen pengukuran yang digunakan adalah Rate Reaction Argumentation Test (RRAT) dan Science Process Skills Test (SPST) serta kuesioner Metaaffective Traits Scale (MATS). Kedua instrumen argumentasi ilmiah dan keterampilan proses sains dilakukan validasi oleh ahli validator sebelum digunakan dalam penelitian sedangkan kuesioner metaafektif yang diadaptasi dari penelitian terdahulu dilakukan uji validitas empirik ulang. Teknik analisis data mnggunakan uji One Way ANOVA dan uji korelasi korelasi Pearson Product Moment. Keberdampakan strategi pembelajaran dianalisis berdasarkan nilai N-gain dan d-effect size. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterlaksanaan proses pembelajaran pad kelas strategi pembelajaran metakognitif berkonteks SSI strategi pembelajran metakognitif dan strategi ekspositori masing-masing sebesar 94 23% 94 16% dan 91 82%. (2) Terdapat perbedaan kemampuan argumentasi ilmiah keterampilan proses sains dan metaafektif dengan taraf signifikansi gt 0 05. (3) Strategi pembelajaran metakognitif berkonteks SSI berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah keterampilan proses sains dan metaafektif dengan perolehan N-gain 0 83 dan d-effect size 7 21 untuk kelas strategi pembelajaran metakognitif berkonteks SSI N-gain 0 80 dan d-effect size 5 46 untuk kelas strategi pembelajaran metakognitif serta N-gain 0 53 dan d-effect size 3 68 untuk kelas strategi ekspositori. (4) Terdapat korelasi sangat kuat (r 0 808) antara kemampuan argumentasi ilmiah dan keterampilan proses sains korelasi sangat kuat (r 0 892) antara kemampuan argumentasi ilmiah dan metaafektif serta korelasi sedang (r 0 492) antara keterampilan proses sains dan metaafektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322978 |
Actions (login required)
View Item |