Rokhim, Deni Ainur (2023) Identifikasi miskonsepsi dan profil multiple representasi peserta didik pada topik laju reaksi menggunakan instrumen five-tier test / Deni Ainur Rokhim</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Miskonsepsi merupakan salah satu penyebab hasil belajar peserta didik yang rendah. Miskonsepsi dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya peserta didik itu sendiri guru konteks materi media pembelajaran dll. Dampak yang muncul akibat terjadinya miskonsepsi sangatlah fatal bagi proses belajar mengajar. Oleh sebab itu miskonsepsi harus dapat diidentifikasi secepatnya sebelum terjadi disintegrasi perkembangan ilmu dan teknologi. Terdapat beberapa metode untuk mengidentifikasi miskonsepsi salah satunya menggunakan instrumen tes diagnostik. Beberapa peneliti sebelumnya telah mengembangkan bentuk instrumen tes diagnostik akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangn. Oleh karena itu peneliti mengembangkan instrumen tes diagnostik five-tier. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil miskonsepsi beserta profil multipel representasi peserta didik di 4 SMA di Sidoarjo pada materi laju reaksi menggunakan instrumen tes diagnostik five-tier sekaligus menguji kualitas instrumen tersebut dalam mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen diagnostik five-tier yang dikembangkan oleh peneliti. Data yang terkumpul dilakukan rekapitulasi secara manual menggunakan Microsoft Excel untuk mempermudah tahap identifikasi miskonsepsi serta dianalisis statistik menggunakan SPSS 16.0. Instrumen tes diagnostik five-tier telah valid dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep peserta didik dibuktikan dengan hasil validasi melebihi nilai rxy sebesar 0 279. Nilai reliabilitas butir soal telah memenuhi syarat kelayakan instrumen jika dibandingkan dengan nilai koefisien Cronbach rsquo s Alpha. Reliabilitas butir soal pada Tier A Tier R dan Tier MR secara berurutan sebesar 0 707 0 664 dan 0 957. Profil miskonsepsi peserta didik memiliki rata-rata persentase Misconception (MC) 6% Scientific Understanding (SU) 32% Partial Understanding (PU) 46% Non-Understanding (NU) 2% dan Undefined (UD) 14%. Sehingga miskonsepsi peserta didik pada materi laju reaksi dapat dikategorikan dalam kriteria rendah. Analisis profil multipel representasi peserta didik yang mampu menjawab dengan benar memiliki rata ndash rata persentase sebagai berikut pada level makroskopik ndash simbolik sebesar 47% makroskopik ndash submikroskopik 36% dan simbolik ndash submikroskopik 35%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322975 |
Actions (login required)
View Item |