Amalia, Rosida (2022) Pengembangan buku petunjuk pembuatan soal berorientasi higher order thinking skill (hots) bagi pendidik kimia / Rosida Amalia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penilaian pendidikan di Indonesia mengacu pada penilaian berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keberadaan HOTS dalam penilaian di sekolah masih tergolong rendah karena pendidik merasa kesulitan dalam mengkonstruk soal HOTS. Pendidik juga memiliki keterlibatan langsung terdapat soal yang diujikan. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas dan uji keterbacaan buku petunjuk pembuatan soal berorientasi HOTS dan menghasilkan buku petunjuk pembuatan soal berorientasi HOTS yang layak digunakan sebagai pegangan bagi pendidik kimia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan untuk menghasilkan buku petunjuk pembuatan soal berorientasi HOTS. Penelitian pengembangan buku ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah model ADDIE. Tahapan model ADDIE meliputi analisis (analysis) desain (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Pada tahap pengembangan (development) dilakukan uji validitas oleh dua dosen kimia. Uji keterbacaan buku dilakukan oleh pendidik kimia yang berasal dari SMA/MA Negeri maupun Swasta di kota Blitar dan kabupaten Magetan sebanyak dua kali yaitu uji skala kecil oleh 11 pendidik dan uji skala besar oleh 42 pendidik. Tahap implementasi (implementation) buku dilakukan oleh 25 pendidik kimia yang berasal dari 21 SMA/MA Negeri maupun Swasta di Jawa Timur. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket studi pendahuluan yang diisi oleh pendidik kimia di provinsi jawa timur angket validasi yang diisi oleh validator (dosen) dan angket uji keterbacaan dan implementasi yang diisi oleh pendidik kimia serta wawancara kepada pendidik kimia. Teknik analisis data menggunakan persentase dan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari uji validasi ahli sebesar 96 8% untuk validator 1 dan 98 6 untuk validator 2. Adapun nilai rata-rata hasil uji validasi sebesar 97 7% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan diperoleh sebesar 82% untuk uji skala kecil dan 87% untuk uji skala besar. Berdasarkan hasil implementasi produk pengembangan buku penilaian berorientasi HOTS bagi pendidik kimia diperoleh nilai sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Hal tersebut juga didukung dari hasil wawancara yang menyatakan bahwa buku yang dikembangkan sangat membantu pendidik dalam memahami penilaian berorientasi HOTS karena dalam buku tersebut menampilkan karakteristik HOTS aspek HOTS dalam penilaian kimia dan dilengkapi soal HOTS beserta penjelasannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322970 |
Actions (login required)
View Item |